Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Tips Belajar Mahasiswa Baru, MABA Wajib Baca!

Metode pembelajaran di kampus dan sekolah berbeda, itulah kenapa Kamu harus mengetahui tips belajar mahasiswa baru. Tips ini akan membantu Kamu belajar sesuai dengan gaya belajar yang dimiliki, pemahaman yang didapatkan pun tentu lebih maksimal dibandingkan hanya belajar di sekolah sebelumnya. 


Pola belajar ketika kuliah bisa dipengaruhi dengan cara pkamung mahasiswa terhadap sesuatu.

Agar Kamu tidak salah dalam belajar, malas mengikuti perkuliahan atau sama sekali tidak paham dengan materi kuliah, simak beberapa tips belajar berikut ini. 

Mengubah Cara kamu

Ubah pola pikir  Kamu, jangan merasa Kamu akan mendapatkan pembelajaran sama seperti di bangku sekolah. Mulailah bersikap dewasa dan bertanggung jawab atas berbagai aktifitas yang Kamu lakukan.

Luangkan waktu untuk belajar di kelas, membaca materi di luar kelas hingga mengembangkan minat dan bakat. 

Bersikap dewasa dan bertanggung jawab atas apa yag Kamu lakukan akan membuat aktifitas di kampus bisa dilakukan secara maksimal.

Kamu juga bisa mengembangkan kemampuan dan skill yang dimiliki, sehingga tidak bingung setelah lulus nanti. 

Pahami Silabus Pembelajaran

Setiap awal pembelajaran Kamu akan mendapatkan informasi silabus mata kuliah. Silabus ini akan merangkum berbagai materi yang nantinya akan dipelajari selama perkuliahan berlangsung.

Catat silabus tersebut, begitu pula dengan daftar referensi yang diberikan oleh dosen. 

Cara ini akan membuat proses belajar lebih mudah karena Kamu tahu mana materi yang harus dipelajari dan didalami lebih lanjut.

Kamu juga bisa menanyakan kepada dosen apabila silabus yang Kamu dapatkan tidak bisa Kamu pahami.

Tumbuhkan Motivasi

Tips untuk mahasiswa agar bisa kuliah dengan baik adalah menumbuhkan motivasi yang baik dan positif.

Motivasi bisa Kamu dapatkan dari banyak tempat, orang tua, kelas, buku yang Kamu baca, teman atau diri Kamu sendiri. Kamu juga bisa meminta bantuan orang lain agar Kamu bisa menemukan motivasi Kamu melakukan kuliah. 

Review Setiap Selesai Kelas

Jika sudah menyelesaikan satu kelas, jangan senang dulu, pelajari lagi materi tersebut agar Kamu bisa lebih paham.

Biasanya kelas dilakukan lebih cepat dengan mata kuliah yang lebih padat dibandingkan dengan sekolah, belum lagi materi yang harus dipelajari. Ini tentu membuat mahasiswa lebih mudah lupa.

Karena itu, Kamu disarankan untuk melakukan review pada tulisan materi yang Kamu catat selama perkuliahan.

Kamu bisa melakukannya langsung setelah selesai kelas tersebut, bisa pula dilakukan per minggu agar ingatan tetap segar. 

Aktif di Ruang kelas

Jangan jadi mahasiswa yang hanya bertopang dagu saat kelas berlangsung. Jadilah mahasiswa yang aktif dan memiiki niat untuk belajar di dalam kelas.

Ini bisa Kamu tunjukkan dengan banyak bertanya dan menjawab berbgai pertanyaan yang diberikan oleh dosen.

Cara efektif belajar untuk mahasiswa ini bisa Kamu lakukan di semua jenjang semester. Jangan hanya semangat di semester awal saja, jaga semangat sampai akhir semester dan ketika sedang mengerjakan tugas akhir. 

Perbanyak Teman

Ketika kuliah, jangan hanya menjadi mahasiswa yang hanya sekedar datang ke kampus dan ikut belajar.

Perbanyak teman dan bergaul dengan mengikuti berbagai komunitas yang sesuai dengan minat bakat. Ini akan memudahkan Kamu menemukan skill dan fokus karir ke depannya. 


Itulah beberapa tips belajar mahasiswa baru yang bisa Kamu terapkan. Sebagai mahasiswa baru, Kamu mungkin masih kurang terbiasa dengan sistem pendidikan di perguruan tinggi. Namun dengan melakukan beberapa langkah diatas, Kamu bisa melaksanakan kuliah dengan lebih baik.