Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 CARA EFEKTIF BUAT ANAK GEMAR MEMBACA



     Dengan berkembangnya teknologi saat ini telah banyak mengubah kebiasaan orang dewasa yang tidak terkecuali juga anak-anak. Dan bagi Kamu yang telah memasuki usia kepala dua artinya kamu pernah merasakan betapa serunya membaca komik atau mendengarkan cerita dari ibu atau ayah mendongeng sebelum tidur. Dengan begitu maka hadirnya pegawai yang canggih ini membuat anak-anak zaman sekarang cenderung lebih suka untuk memainkan game yang terdapat di dalam HP ketimbang membaca buku. Meskipun konten-konten bermuatan listrik dijadikan juga terdapat di HP dan bisa diunduh melalui smartphone akan tetapi kebanyakan anak-anak lebih memilih untuk bermain games yang lebih seru dan interaktif. Dengan kehadiran pegawai saat ini telah menggeser kebiasaan membaca yang menjadi tantangan bagi orang tua zaman sekarang. Ibu dan ayah ini harus selalu saling membantu untuk dapat menumbuhkan kebiasaan membaca kepada anak agar mendatangkan kebaikan bagi masa depannya. 


Berikut ini beberapa cara yang bisa Kamu coba untuk dapat menumbuhkan minat baca anak.


1. Membaca buku di depan anak

Seperti sebuah pepatah mengatakan bahwa buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Hal ini dimaksudkan bahwa kebiasaan yang anak-anak lakukan ini biasanya merupakan cerminan dari kebiasaan dari orangtua yang mereka lakukan. Dan jadi tidak ada salahnya bagi kamu untuk melakukan kegiatan membaca buku di depan anak-anak dan dengan melakukan kegiatan ini bisa ya anak akan dapat menjadi penasaran makan apa yang dibaca oleh orang tua dan sehingga kelak mereka akan mengikuti kebiasaan membaca buku tersebut.


2. Menghadiahkan buku kepada anak

Cara agar anak gemar membaca yang selanjutnya ialah dengan menghadiahkan buku kepada anak. Jika orangtua merasa bingung untuk menyediakan anak yang berulang tahun maka kamu bisa mencoba untuk memberikan anak beberapa buku yang mereka sukai. Cara yang satu ini dinilai lebih efektif untuk dapat menumbuhkan minat baca terhadap anak. Dan selain itu orang tua juga tidak perlu untuk menunggu ulang tahunnya untuk dapat memberikan hadiah ini orang tua juga dapat memberikan hadiah ini kapanpun disaat ia berhasil mencapai sesuatu.


3. Memberitahu kepada anak pentingnya membaca buku

Cara untuk membuat anak gemar membaca selanjutnya ialah dengan memberi tahu anak pentingnya membaca buku. Di saat orang tua dan anak sedang pergi ke pusat pembelajaran maka kamu bisa mengajak anak kamu untuk mengunjungi toko buku. Apabila ia tidak mau maka segeralah katakan bahwa membaca buku ini merupakan hal yang penting yang dapat membuat wawasannya menjadi semakin luas. Dan jika ini merupakan kali pertamanya maka kamu tidak bisa memaksakan anak untuk membeli buku semisal eksiklopedia ataupun buku berat lainnya. Kamu bisa memilih buku yang menurut mereka menarik. 


4. Mengajak anak menghabiskan akhir pekan di perpustakaan umum

Cara untuk membuat anak gemar membaca selanjutnya ialah dengan mengajak anak untuk menghabiskan akhir pekan di perpustakaan umum. Ketimbang mengajaknya ke pusat perbelanjaan ataupun Taman hiburan Kamu bisa mencoba untuk mengajak anak ke perpustakaan umum. Kamu bisa membiarkan ia menghabiskan waktu di sekitar 1 sampai 2 jam di rak khusus untuk buku anak dan melihat tumpukan buku yang banyak mungkin anaknya akan tertarik dan mau tidak mau mereka akan membaca beberapa buku. Kamu bisa melakukan kebiasaan ini secara rutin agar dapat menumbuhkan minat baca anak.


5. Membuat rak buku di kamar anak

Cara yang bisa kamu lakukan agar anak gemar membaca selanjutnya ialah dengan membuat rak buku di kamar anak. Cara ini merupakan cara yang ampuh untuk dapat menumbuhkan minat baca anak. Kamu bisa mengisi di dalam kamar anak dengan buku komik ataupun fabel dan lain sebagainya yang di saat anak Kamu bosan ini ini bisa membaca buku. di saat mereka bosan mau tidak mau ia akan mengambil salah satu buku dari rak tersebut dan selain itu ini juga penting untuk dapat melengkapi kamar anak dengan kursi baca ataupun sopan dan bantal yang nyaman agar mereka nyaman di saat membaca.


Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat anak gemar membaca. Semoga bermanfaat!!