Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 MANFAAT MEMBACAKAN BUKU CERITA KEPADA ANAK

 


      Apakah anda sering membacakan cerita pengantar tidur untuk anak? Ternyata membacakan cerita ataupun dongeng kepada anak ini merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk dapat membangun koneksi saraf "bahasa" di otaknya yang sedang tumbuh. Disaat Anda membacakan cerita untuk anak ini juga dapat menjadi kebiasaan yang sehat yang mampu dapat mendukung perkembangan kognitifnya. Meskipun di saat ini orang tua telah bisa menggunakan gadget yang canggih untuk dapat menghibur dan menenangkan anak sebelum tidur akan tetapi dongeng yang diceritakan secara langsung ini juga mempunyai kelebihan tersendiri. 


Berikut ini beberapa manfaat membacakan cerita bagian.


1. Tingkatkan kemampuan berbahasa

Manfaat dari membaca buku bagi anak yang pertama ialah dapat meningkatkan kemampuan berbahasa. Carolrina Blakemore yang merupakan penulis Baby Read-Aloud basic ini juga mengungkapkan bahwa mendongeng dapat merangsang kemampuan berbahasa anak. Ketika orang tua membacakan buku cerita maka anak dapat mengamati dan juga belajar berbagai macam kosakata yang baru yang belum pernah mereka ketahui. Oleh karena itu kemampuan berbahasa anak ini dapat meningkat dan ia juga dapat menggunakan kosa kata yang tepat untuk dapat mengungkapkan sesuatu. Dan biasanya anak perempuan yang lebih cepat merasakan manfaat ini dikarenakan anak perempuan lebih mempunyai fokus yang lebih tinggi ketika mendengarkan cerita dibandingkan dengan anak laki-laki. Bisa ia telah masuk sekolah maka anak yang gemar dibacakan cerita oleh orang tuanya ini juga tidak hanya pintar dalam pelajaran bahasa Indonesia dan juga secara umum di rapat mengatakan menguasai pelajaran dikarenakan semua mata pelajaran ini membutuhkan kemampuan membaca yang baik.


2. Mengembangkan daya imajinasi anak

Manfaat dari membacakan buku cerita bagi anak selanjutnya ialah dapat mengembangkan daya imajinasi. Dunia anak-anak ini merupakan dunia bermain yang diwarnai dengan imajinasi dan kreativitas. Akan tetapi setiap anak tidak dapat mengalami tingkat perkembangan imajinasi yang sama. oleh karena itu orangtua dapat mengasah daya imajinasi anak dengan membacakan dongeng atau cerita yang secara rutin. Sehingga anak dapat tumbuh menjadi anak yang kreatif Anda bisa juga membacakan berita dengan menggunakan intonasi yang tidak mengontrol gerakan tangan agar anaknya dapat membayangkan seperti apa gambaran dari cerita tersebut di dalam pikiran mereka. 


3. Melatih daya ingat

Manfaat dari membacakan buku cerita bagi anak selanjutnya ialah dapat melatih daya ingat. Di tengah-tengah saat bercerita maka ibu juga bisa tiba-tiba bertanya kepada anak, "tadi siapa nama kakek yang membuat Pinokio?" Untuk dapat melatih daya ingatnya ibu kita dapat menanyakan kembali keseluruhan dari cerita dongeng pada saat keesokan harinya. 


4. Dapat memperkenalkan hal-hal yang baru

Manfaat dari membaca buku cerita kepada anak selanjutnya ialah dapat memperkenalkan hal-hal yang baru. Buku cerita pada anak-anak biasanya mempunyai gambar-gambar dengan warna yang menarik dan ketika bercerita ibu juga bisa sambil memperkenalkan kepada mereka tentang hal-hal yang ada di dalam buku cerita tersebut. Contohnya seperti gambar warna ataupun bentuk.


5. Membangkitkan minat membaca anak

Manfaat dari membacakan buku cerita kepada anak selanjutnya ialah dapat membangkitkan minat baca anak. Dengan anda membacakan buku cerita kepada anak sejak kecil maka ibu secara tidak langsung akan dapat membangkitkan minat baca mereka. Anak ini juga akan ketagihan untuk mendengarkan cerita-cerita yang menarik lainnya dari ibu dan juga akan dengan sendirinya tertarik untuk membaca buku.


Itulah dia beberapa manfaat dari membacakan buku cerita kepada anak. Semoga bermanfaat!!