Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Waktu Terbaik Mengerjakan Skripsi



     Halo semua pastinya kamu jika seorang mahasiswa sudah tidak asing lagi dengan yang namanya skripsi kan. Skripsi merupakan tugas akhir yang harus dikerjakan sebagai syarat untuk kelulusan dari sebuah Universitas. Walau tidak semua kampus punya kebijakan harus menyelesaikan skripsi sebagai syarat lulus,tetapi masih banyak juga kampus yang mewajibkan mahasiswanya mengerjakan skripsi sebagai syarat lulus. 

     Skripsi sendiri merupakan sebuah proses penelitian yang dilakukan dalam kurun waktu yang telah ditentukan, tetapi jika dari mahasiswanya sendiri melebihi batas waktu yang diberikan itu pun tidak apa-apa, hanya saja akan berpengaruh ke waktu yang lebih lama untuk lulus. Penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa harus sesuai judul yang mereka pilih. 

    Untuk mengerjakan skripsi membutuhkan waktu yang tidak sebentar, oleh karena itu sebaiknya kerjakan skripsi diwaktu yang tepat.  Karena apa ? karena suasana saat mengerjakan skripsi itu sangat berpengaruh untuk kamu bisa mengerjakan dengan konsen. Ada banyak cara yang dilakukan oleh mahasiswa agar skripsinya cepat selesai, yakni memilih tempat dan waktu yang menurut mereka itu nyaman dan tanpa gangguan. Nah berikut ada beberapa waktu yang tepat untuk mengerjakan skripsi agar konsen :

1. Pagi hari (07.00-10.00)

Pagi hari merupakan waktu dimana kamu belum banyak kegiatan, waktu ini merupakan waktu yang tepat untuk mengerjakan skripsi, kerjakan skripsi walau itu hanya satu paragraf atau satu lembar karena skripsi yang baik merupakan skripsi yang dikerjakan terus menerus. 

2. Sore hari (14.00-16.00)

Waktu sore hari juga waktu yang bisa kamu gunakan untuk mengerjakan skripsi kamu. Karena waktu siang bisa kamu gunakan untuk berisitirahat sejenak. Tidak usah memaksakan diri kamu untuk terus mengerjakan skripsi tanpa henti tanpa memikirkan kesehatan. Oleh karena itu waktu ini juga tepat untuk melanjutkan skripsi kamu.

3. Malam hari untuk review ( 20.00-22.00)

Ya, malam hari memang biasa digunakan untuk sejenak berisitirahat dari seharian aktivitas yang telah dilakukan. Malam hari bisa kamu gunakan untuk mereview sebentar tulisanmu diskripsi agar kamupun bisa tau kekurangan apa yang ada didalam skripsimu, atau bisa kamu gunakan untuk memperbaiki kesalahan yang sudah dikoreksi oleh dosen pembimbingmu. Malam hari merupakan waktu yang tenang dan tepat untuk kamu.

4. Sebelum subuh (04.00-05.00)

Sebelum subuh yakni waktu dimana pikiran masih fresh dan kamu bisa gunakan untuk sebentar membuka laptopmu, buka skripsi untuk menentukan ide dan tujuanmu hari ini. Langkah apa yang akan kamu ambil lagi untuk mengerjakan skripsi. Entah itu melakukan penelitian, atau bisa kamu menyelesaikan skripsi yang belum selesai kemarin dll.


Oke diatas sudah dipaparkan waktu yang tepat digunakan untuk mengerjakan skripsi. Kamu punya banyak pilihan untuk memilih waktu kamu sendiri. Pilih waktu yang menurutmu itu bisa digunakan untuk mengerjakan skripsi dengan konsen. 


Ada banyak alasan juga kenapa kamu harus mengerjakan skripsi walau itu satu paragraf, yakni jika kamu semakin menunda untuk mengerjakan skripsi maka akan semakin lama juga kamu lulus dari kampus yang mana ini bisa berdampak ke yang lain, entah itu karir atau pekerjaan yang sedang kamu kejar. 


Skripsi merupakan hal yang mudah jika kamu kerjakan dengan hati yang tenang dan konsentrasi, satu jam saja jika kamu konsentrasi itu bisa menghasilkan berlembar-lembar tulisan skripsi. Semangat untuk kamu mahasiswa yang sedang berjuang memakai toga dan membanggakan kedua orang tua. Tidak ada usaha yang akan mengkhianati jika itu dikerjakan dengan sungguh-sungguh.


Sekian informasi yang bisa saya sampaikan semoga penjelasan mengenai waktu terbaik untuk mengerjakan skripsi bisa bermanfaat buat kamu mahasiswa. Terimakasih ya !!!