Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Membuat Judul Skripsi



     Skripsi merupakan hal yang biasa dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir, karena itu salah satu syarat kelulusan. Awal mula membuat skripsi yakni harus menentukan judul skripsi yang nantinya akan kamu kerjakan. Judul skripsi tidak bisa asal karena jika kamu tidak menguasai judul skripsi kamu nantinya akan kesusahan sendiri. Nah ada banyak cara untuk kamu mahasiswa tingkat akhir dalam membuat judul skripsi.

      Yang pertama adalah kamu harus rajin-rajin membaca jurnal yang berkaitan dengan jurusan kamu agar ketika kamu mengerjakan skripsi itu tidak jauh berbeda dengan jurusanmu. Setelah menemukan jurnal yang sesuai, kamu baca dan telaah terlebih dahulu jurnalnya, isi jurnalnya dan hasil dari jurnalnya. Lalu kamu amati apakah jurnal tersebut ada yang harus kamu temukan pembaharuan, jika ada berarti kamu harus menentukan ide pembaharuan apa yang harus kamu kerjakan. Nah dari sini kamu sudah bisa menemukan judul skripsi yang akan kamu kerjakan tidak jauh berbeda dengan jurnal yang sudah kamu baca. Ambil point-pointnya dan jadikan jurnal itu sebagai referensi kamu untuk mengerjakan skripsi nanti.

     Yang kedua kamu bisa berkonsultasi dengan dosen pembimbing kamu, dimana kamu bisa ajukan ide atau topik apa yang kamu sukai lalu minta pendapat kepada dosen kamu untuk mengoreksi apakah tema yang akan kamu ambil sudah sesuai atau belum. Dengan begitu kamu bisa menemukan judul skripsi yang nanti akan kamu kerjakan.

    Yang ketiga, kamu bisa berdiskusi dengan kaka tingkat kamu untuk minta masukan apa saja yang harus dilakukan sebelum menentukan judul skripsi. Biasanya kakak tingkat punya banyak saran yang bisa kamu jadikan patokan untuk membuat judul skripsi, karena mereka sudah melaluinya terlebih dulu. Namun kamu juga harus tetap bisa menentukan judul skripsi yang sanggup  kamu kerjakan, dan sesuai dengan potensimu.

     Yang terakhir, kamu bisa melihat fenomena apa yang sekarang sedang trend, karena biasanya banyak dosen pembimbing yang lebih tertarik dengan isu terbaru. Dimana itu bisa mengangat tema skripsi yang berhubungan dengan isu yang terbaru, mahasiswa diminta untuk meneliti dan mecari tau tentang fenomena yang sedang terjadi. Misalnya ketika ada mahasiswa jurusan pendidikan, dan sekarang sedang ada wabah virus yang sedang terjadi di Indonesia yang mana seluruh kegiatan belajar mengajar dilakukan dirumah demi keselamatan bersama. Maka kamu bisa mengambil topik di skripsi kamu dengan mengangat judul ‘efek pandemi bagi siswa-siswi SMA Negeri dalam memahami mata pelajaran’ atau bisa yang lain. Kamu bisa meneliti dengan pendapat-pendapat mereka bagaimana mereka bisa menjalani sekolah dengan hanya dirumah melalui sistem daring.

 

     Judul skripsi jika kamu tahu arahnya kemana dan itu sesuai dengan jurusan kamu, pasti kamu akan mudah dalam melakukan penelitian baik itu observasi, membuat skripsi bahkan sampai kamu sidang kamu bisa menguasai skripsi kamu. Jadilah mahasiswa yang berani untuk berbuat beda, jika bisa kamu buat judul skripsi yang belum ada di kampus kamu atau kamu bisa membuat judul skripsi yang sedang fenomena sekarang. Jika kamu membuat hal baru di skripsi kamu maka kamu akan menjadi mahasiswa yang berani ambil topik lebih. Karena pada dasarnya banyak mahasiswa yang mengambil judul itu hampir sama dengan kakak tingkat terdahulu yang skripsinya sudah ada di perpustakaan kampus kamu, oleh karena itu mereka jauh lebih mudah membuat skripsi karena sudah ada bahan contohnya. 

     Tapi jangan sampai ketika kamu berani untuk mengambil topik yang terbaru malah kamu yang tidak bisa mengerjakannya. Oleh karena itu ketika kamu memutusnya untuk ambil topik baru maka kamu pun harus bisa menguasainya, harus seimbang antara kemampuanmu dengan topik skripsi yang akan kamu kerjakan.


Selamat mengerjakan skripsi untuk kamu mahasiswa akhir, yakinlah tidaka ada proses yang mudah, jika kita bisa melewatinya kamu mahasiswa yang hebat. Selesaikan apa yang sudah kamu mulai. Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat kamu. Semangat !!!