Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 TIPS AGAR WAKTU BELAJAR LEBIH EFEKTIF SAAT UJIAN


Hampir pada saat setiap kamu telah menghabiskan rata-rata 6 sampai 8 jam untuk belajar. Ketika saat musim hujan telah tiba maka kamu dipaksa untuk selalu belajar sesuai mungkin agar dapat mengulang kembali semua pelajaran yang telah di lewati. Dan tentu saja ini tidak akan efektif jika kamu menghabiskan waktu semalaman hanya untuk mempersiapkan ujian yang kesokan harinya telah tiba. Makanan bebek Kamu bisa mencoba  tips di bawah ini untuk dapat belajar secara efektif di masa ujian.


1. Belajar selama 30 menit

Tips agar waktu belajar kamu lebih efektif selama ujian yang pertama ialah belajar selama 30 menit. Di dalam sebuah studi dari kanvas state university ini merekomendasikan kamu untuk memberikan spesifik waktu untuk belajar selama mata pelajaran. Hal ini juga beralasan agar kamu dapat tetap fokus terhadap pada suatu topik. Yang mana pada dasarnya otak kita ini hanya dapat menyerap informasi secara efektif selama 15 menit pertama dan 15 menit terakhir ini ketika belajar. Yang artinya semua yang kamu pelajari di tengah-tengah waktu tersebut ini merupakan hal yang paling mudah untuk Kamu lupakan dengan cepat. Foto kita tidak dapat melulu untuk mampu menyerap banyak kali dalam waktu yang bersamaan oleh karena itu Kamu bisa menggunakan waktu selama 30 menit saja untuk belajar.


2. Memberi jeda

Tips agar waktu belajar menjadi lebih efektif di saat ujian yang selanjutnya ialah dengan memberi jeda. Setelah 30 menit Kamu fokus belajar maka kamu bisa mengambil waktu istirahat sejenak dengan melakukan kegiatan lainnya yang dapat meningkatkan daya ingat kamu. Contohnya Kamu bisa membaca satu bab dari sebuah novel yang kamu maksudkan dan yang belum selesai kamu baca. Di dalam menyerap informasi separuh separuh ini dapat lebih mudah dibandingkan dengan menyerap seluruhnya secara langsung dan agar kamu dapat lebih memaksimalkan kinerja otak di 35 selanjutnya istirahat sejenak yang perlu dilakukan agar membuat proses belajar kamu menjadi lebih efektif.


3. Memasang timer di saat mengerjakan tugas atau soal yang sulit

Tips agar waktu belajar menjadi lebih efektif saat ujian yang selanjutnya ialah dengan memasang timer yang bisa kamu gunakan untuk mengerjakan tugas atau soal yang sulit. Ketika kamu menghadapi deadline tugas atau soal tertentu yang cukup sulit maka Kamu pasti akan sibuk memusingkan bagaimana cara untuk menyelesaikan di dalam sisa waktu yang tersedia tersebut. Kamu bisa memasang timer selama 30 menit untuk secara khusus Kamu manfaatkan untuk mengerjakan tugas dan soal tersebut. Kamu juga perlu mengingat bahwa kamu bisa fokus untuk mengerjakan tugas ataupun soal itu saja.


4. Mengatur waktu

Tips agar waktu belajar kamu menjadi lebih efektif saat ujian yang selanjutnya ialah mengatur waktu. Daripada Kamu semalaman suntuk mempelajari 1 mata pelajaran yang secara penuh maka sebaiknya Kamu perlu bagi ke dalam beberapa bagian. Contohnya di malam hari Kamu menghabiskan waktu di dalam waktu 2 sampai 1 jam termasuk juga jeda di antara 30 menit. Dan di siang hari kamu melakukan hal yang sama. Manfaatkanlah waktu ini untuk memberikan nutrisi lainnya bagi tubuh kamu dengan tidur secara cukup ataupun dengan memakan makanan yang bergizi.


5. Belajar di meja belajar

Tips agar waktu belajar kamu lebih efektif saat ujian yang selanjutnya ialah belajar di meja belajar. Memang ketika Kamu duduk di kasur dan dengan di sebuah meja lipat di pangkuan Kamu ini akan menjadi lebih nyaman. Akan tetapi kenyamanan yang kamu alami ini akan berlebihan dan stroke dapat membuat daya fokus Kamu terganggu ketika kamu belajar. Ada perlu untuk menggunakan tempat tidur kamu hanya untuk beristirahat dan memanfaatkan meja belajar Kamu secara benar. Jika kamu tetap memilih untuk belajar di tempat tidur maka kamu akan memakan waktu yang cukup lama untuk melawan kenyamanan tersebut.


Itulah dia beberapa tips yang perlu Kamu lakukan agar waktu belajar menjadi lebih efektif saat ujian. Semoga bermanfaat!!,