Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ingin Cepat Lulus? Ini Dia Tips Lulus Kuliah 3,5 Tahun


Menjadi mahasiswa yang lulus kuliah 3,5 tahun selalu menjadi harapan mahasiswa yang duduk di bangku perkuliahan.

Umumnya, bangku kuliah strata 1 dapat ditempuh dalam waktu delapan semester atau empat tahun. Namun bagaimana jika Kamu ingin menyelesaikannya lebih cepat?

Tenang saja, pada pembahasan kali ini kita akan mengupas mengenai bagaimana sih tips kuliah 3,5 tahun sehingga Kamu dapat lulus lebih cepat. Yuk, simak berbagai tips-nya di bawah ini!


Membaca dan memahami Buku Panduan Kuliah Terlebih Dahulu

Ketika memasuki masa orientasi mahasiswa baru, biasanya mahasiswa mendapatkan buku panduan kuliah yang berisi mata kuliah yang dapat diambil setiap semester baik Mata Kuliah Wajib ataupun Pilihan.

Secara umum, agar dapat lulus menjadi mahasiswa S-1 beban studi yang harus diselesaikan sendiri adalah 144 sks. Untuk itu, apabila Kamu ingin lulus 3,5 tahun maka Kamu dapat membagi jumlah sks tersebut dengan tujuh semester. 

Dari situlah, Kamu dapat memperkirakan berapa jumlah sks (satuan kredit semester) yang harus Kamu ambil pada semester selanjutnya.


Mengambil SKS secara Maksimal pada Awal Semester

Sebagai mahasiswa semester 1, tentu saja mahasiswa tidak diberi pilihan untuk mengambil sks karena sudah ditentukan oleh pihak universitas untuk mengambil paket mata kuliah.

Sebisa mungkin, ketika nilai kamu mencukupi maka kamu mengambil sks semaksimal mungkin pada semester 2, 3 dan 4. Kamu dapat mengambil 24 sks sekaligus dalam satu semester, namun usahakan jadwal perkuliahan tidak bentrok satu sama lain.

Dengan mengambil sks cukup banyak di semester awal, maka beban kamu akan jauh lebih ringan pada semester akhir sehingga dapat fokus mengerjakan skripsi agar tuntas dan sidang lebih cepat.


Belajar Lebih Giat Agar IPK Berada Pada Posisi Aman

Agar dapat mengambil sks secara penuh dalam satu semester, terdapat persyaratan yang harus dipenuhi yakni kamu harus memiliki IPK pada posisi aman yakni di atas 3.0. 

Berdasarkan pengalaman kuliah 3,5 tahun pada mahasiswa yang telah lulus, kamu harus belajar lebih giat dengan cara memperhatikan setiap penjelasan dosen ketika perkuliahan, mencatat materi, mengulang kembali ilmu pembelajaran yang didapatkan, mengerjakan tugas tepat waktu, dan bersungguh-sungguh selama mengikuti ujian ataupun proyek perkuliahan.

Ketika Kamu dapat memiliki besaran indeks prestasi kumulatif (IPK) semester yang baik, maka Kamu memiliki kesempatan untuk mengambil 24 sks setiap semester sehingga tujuan Kamu agar dapat lulus lebih cepat yakni lulus 3,5 tahun dapat tercapai.


Memilih Topik Skripsi yang Dikuasai

Salah satu permasalahan dalam kelulusan mahasiswa adalah proses skripsi yang membutuhkan effort lebih untuk dijalani. Banyak mahasiswa yang gagal lulus cepat karena terkendala skripsi yang tidak kunjung selesai.

Agar dapat mengerjakan skripsi dengan lancar, pilihlah topik skripsi yang benar-benar dikuasai. Gimana bisa Kamu mengerjakan skripsi kalau tidak paham dengan materi Kamu sendiri? Tentunya akan kebingungan sendiri bukan?

Nah, untuk itu topik skripsi yang diambil haruslah yang dikuasai dengan baik dan dapat dilakukan dengan cepat. Sama saja ketika Kamu mengambil sks lebih cepat di awal semester namun proses penelitian berlangsung lebih dari 6 bulan.

Pastinya akan menghambat penyusunan skripsi dan pengajuan sidang bukan? Belum lagi masih terdapat revisi dan sebagainya.

Untuk itu, jika ingin lulus cepat Kamu harus memilih skripsi yang menurut Kamu mudah dan cepat diselesaikan. Jika Kamu dapat menyusun skripsi tepat waktu, maka Kamu dapat sidang kemudian dilanjutkan wisuda pada akhir semester 7.


Jadi, itulah beberapa tips mendapatkan gelar sarjana dalam 3,5 tahun. Tidak sedikit sebenarnya yang mampu lulus kuliah lebih cepat. Namun, tentu saja dibutuhkan usaha yang lebih keras dari teman-teman yang lain agar impian lulus kuliah 3,5 tahun benar-benar tercapai.