Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Tidur Yang Baik

 Tidur adalah proses pengistirahat anggota badan agar kembali fresh. Tidur menurut sebagian orang adalah hal yang ditunggu-tunggu yang mana ini adalah saatnya untuk kita mengistirahatkan anggota badan dari aktivitas seharian. Banyak orang yang melakukan segala cara agar tidurnya nyenyak. Manfaat tidur pun beragam salah satunya mengembalikan stamina tubuh yang hilang agar kembali menjadi bugar. Beberapa tips tidur yang baik yang dapat kita lakukan

tidur yang baik

1.Bersih-bersih badan

Sebelum kita tidur alangkah baiknya adalah mebersihkan badan dengan berganti baju tidur ataupun sikat gigi dan cuci muka bisa juga dengan mandi jika habis berpergian. Hal ini bisa membuat badan rileks ketika tidur. Ketika kita tidur dalam keadaan tubuh kotor maka ini akan mengganggu kita dan membuat tidur kita menjadi tidak nyenyak.

2.Membersihkan tempat tidur

Membersihkan tempat tidur saat mau tidur adalah sunnah yang diajarkan oleh Rosulullah agar tidurnya bisa nyaman dan juga bisa menghilangkan makhluk-makhluk yang menempel di tempat tidur saat  belum dibersihkan. Membersihkan tempat tidur dengan cara di sibak tempat tidurnya menggunakan sapu lidi.

3.Berdoa

Berdoa adalah cara yang baik yang dilakukan sebelum tidur, ini akan menjadi penghalang syaitan untuk mengganggu tidur kita. Berdoa menurut keyakinan masing-masing dan berdoa juga dilakukan ketika bangun tidur.

Baca juga : cara menggunakan masker

4.Matikan lampu

Menurut ilmu kesehatan, tidur dengan mematikan lampu bisa membuat tidur kita lebih tenang dan rileks, mematikan lampu adalah cara yang dianjurkan karena dengan mematikan lampu semua fikiran-fikiran yang mengganggu kita dapat hilang. Mematikan lampu pun bisa membuat fikiran kita bisa lebih fokus.

5.Matikan handphone

Salah satu hal yang setiap hari kita tidak bisa lepas adalah dengan memegang handphone, hampir tiap hari kita menggunakannya untuk komunikasi ataupun untuk kesenangan diri sendiri. Tetapi kalau kalian tahu, radiasi ketika handphone ada didekat kita saat kita tidur itu sangat berbahaya maka dari itu lebih baik kita mematikan handphone kita. Disisi lain ini juga bermanfaat untuk diri kita, karena ini bisa membuat tidur kita menjadi tenang dan nyaman tanpa gangguan.

6.Lupakan segala masalah hari itu

Ya, tidak semua orang  bisa melupakan masalahnya, tetapi ketika kita tidur dalam keadaan stress karena banyak pikiran itu juga tidak baik untuk tubuh kita. Karenanya ketika kita tidur rilekskan fikiran kita dari berbagai masalah, pikirkan masalah esok hari karena saat kamu tidur itu adalah saatnya kamu untuk beristirahat dari aktivitasmu seharian

7.Maafkan semua orang sebelum tidur

Dalam Islam, memaafkan adalah hal yang baik. Alangkah baiknya ketika kita mau tidur maafkan segala kesalahan orang, jangan jadikan dendam sebagai alasan kita untuk tidak memaafkan orang. Hilangkan semua masalah karena itu hanya akan membuat kita tidak tenang

8.Tidur dengan menghadap kearah kanan

Dalam ilmu kesehatan, tidur menghadap kearah kanan atau memiringkan badan kekanan sangat baik untuk tubuh kita. Selain untuk memperlancar aliran darah, tidur dengan memiringkan badan kekanan juga sudah diatur dalam Islam ini merupakan sunnah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Hal ini karena tidur menghadap atau memiringkan badan ke kanan bisa menstabilnkan kinerja organ tubuh kita.


Diatas merupakan beberapa tips tidur yang baik dan ini akan membuat kita tidur rileks. Gunakan waktu tidurmu dengan baik karena bagaimanapun tubuh kita butuh waktu untuk beristirahat. Lakukan hal-hal diatas agar tidurmu lebih baik dan nyaman