Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Pendidikan Pondok Pesantren

Pentingnya Menimba Ilmu di Pondok Pesantren

        Pondok pesantren adalah tempat dimana kita belajar ilmu agama. Tempat dimana kita menimba ilmu pengetahuan bersama teman-teman, diajarkan untuk bisa mandiri jauh dari orang tua. Ketika orang tua menitipkan anaknya di pesantren itu berarti orang tua percaya terhadap pondok pesantren untuk menitipkan anaknya belajar disitu dan besar harapnnya ketika pulang ke rumah anak yang sudah menamatkan pendidikannya di pondok pesantren bisa menjadi orang bermanfaat untuk masyarakat dan sekitarnya. Di pondok banyak sekali kegiatan yang bermanfaat untuk kita diantaranya dimana kalian diajarkan untuk berilmu dan belajar tentang sopan santun melalui kebiasaan kebiasaan yang ada di pondok pesantren. Di pondok juga diajarkan untuk mengaji dan mengulas kitab kuning yang dipelajari. Banyak sekali makna yang terkandung didalam kitab yang diajarkan oleh asatid-asatid kita. Jadi tidak ada kerugian sedikitpun ketika kalian mondok .

        Kegiatan yang tertata rapi dipondok mengajarkan santri untuk selalu disiplin waktu karena ketika dipondok semua kegiatan yang ada sudah ada jadwalnya sendiri, oleh karena itu mereka yang terbiasa bangun siang akan otomatis mengikuti aturan dipondok untuk bisa memanajemen waktu yang ada. Sebagian orang memang kadang terlihat takut ketika ingin masuk kepondok, mungkin karena tidak terbiasa untuk tertata jadwalnya atau mungkin karena ia tidak bisa jauh dari orang tua. Di pondok itu biasanya ada kepengurusan yang menangani keamanan dari santri-santrinya, oleh karena itu jangan takut untuk mondok ya…

baca juga : tips nyaman ketika belajar

        Teman pondok merupakan orang yang setiap hari bertemu, bertegur sapa dan teman yang selalu ada disuasana apapun, baik suka maupun duka. Orang yang belum pernah mondok atau menjadi santri pastinya belum tau bagaimana rasanya ketika sedang tidur tiba-tiba ada yang membangunkannya entah itu untuk sholat maupun untuk bangun kegiatan. Ya memang seperti itulah keadaan pondok dimana kita diajarkan untuk disiplin waktu. 

        Keseruan yang ada di pondok pesantren juga banyak loh, ketika ada perlombaan semisal hari santri atau agustusan pasti akan ada perlombaan antar kamar atau gedung. Nah momen semacam inilah yang menjadikan kita sesama santri bisa saling kenal dan menjadi akrab. Ketika ngajipun kita bertemu lagi yang mana ini bisa dijadikan momen untuk saling mengenal.

baca juga : buah dari kesabaran yang ada

        Pentingnya pendidikan pondok pesantren untuk remaja yaitu mereka bisa jauh dari maksiat, dimana saat umur remaja yang seharusnya mereka mancari jati diri mereka dengan melakukan sesuatu sesuka hati mereka maka dengan dipondoklah masa remaja mereka diisi dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat. Pelajaran yang ada dipondok juga mengajarkan bagaimana mempunyai akhlak yang bagus yang sopan santun ketika sedang di masyarakat. Nah dari sini kita tau bahwa pendidikan pondok pesantren sangat baik untuk anak-anak atau remaja agar bisa menambah ilmu agama yang lebih luas. 

        Adab sopan santun juga diajarkan takalah mereka sedang membantu ndalem Pak Yai yang mana kita bisa belajar unggah ungguhnya. Di pondok juga diajarkan saling bersama dalam suka maupun duka. Dalam pondok juga diajarkan bagaimana rasanya mengemban amanah yang diberikan oleh orang tua agar anak-anaknya sukses dunia akhirat. 

        Sebenarnya banyak sekali manfaat ketika ada di pondok salah satunya juga yaitu kita bisa mengenal orang-orang dari berbagai daerah dan logat yang berbeda-beda. Dari sinilah tumbuh rasa kebersamaan dan saling mengenal. 

        Pondok pesantren adalah tempat yang baik untuk mengupgrade ilmu agama yang dipunya, juga tempat untuk mengembangkan skill yang dipunya dengan ikut ekstrakulikuler yang ada di pondok. Jadi pondok pesantren adalah tempat yang baik untuk menimpa ilmu agama.