Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Cara Nyaman Saat Belajar

Cara Meningkatkan Semangat Belajar

Belajar merupakan kegiatan untuk mengulang pelajaran atau memahami kembali pelajaran kemarin juga mempelajari pelajaran yang akan datang. Belajar memang membutuhkan waktu yang tenang agar pelajaran yang kita pelajari bisa dipahami. Ada tipe orang yang memang nyaman dengan suasana apapun tapi ada juga orang yang harus dengan suasana yang tenang agar bisa nyaman ketika belajar. Banyak cara yang dilakukan agar bisa meningkatkan semangat belajarnya

1. Cari tempat sepi

Belajar memang membutuhkan konsentrasi yang tinggi, terkadang sampai orang mencari tempat yang sepi untuk bisa berkonsentrasi. Tempat sepi yang dimaksud mungkin tempat yang tidak banyak gangguan seperti orang berseliweran. Tempat sepi juga bisa menambah konsentrasi lebih.

2. Matikan ponsel

Tak heran ponsel bisa menarik perhatian saat kita sedang belajar, kadang ketika belajar dan tiba-tiba ada notif masuk maka otomatis kita akan berhenti belajarnya dan lebih memilih untuk meneruskan bermain ponselnya. Oleh karena itu matikan saja ponselmu agar tak mengganggumu saat sedang belajar. Kecuali memang belajar atau tugasnya lewat ponsel maka bisa saja kita menggunakan ponsel.

3. Bareng teman-teman

Belajar bareng teman-temanmu juga akan menambah semangat belajrmu. Semisal belajar bareng karena bisa saja kita sharing-sharing kalau ada yang tidak paham. Saling bertukar pikiran atau bisa saling berdiskusi untuk membahas topik yang sedang dikerjakan.

4. Belajar ditemani orang tua

Orang tua juga punya peran penting untuk tumbuh kembang anak. Ketika kecil jika anak sering diajarkan untuk belajar bareng itu bisa untuk mengembangkan saraf motorik anak. Maka dari itu orang tua juga harus bisa menyisihkan waktunya untuk sekedar menemani anak belajar.

5. Di Perpustakaan

Perpustakaan tidak sekedar tempat untuk mencari buku tapi bisa juga digunakan tempat untuk belajar baik itu sendiri maupun bareng teman-teman. Perpustakaan merupakan tempat ternyaman untuk belajar karena disitu juga terdapat banyak buku yang bisa dijadikan referensi untuk menambah ilmu pengetahuan.

6. Di taman belajar

Taman belajar juga tempat untuk menimba ilmu. Taman belajar biasanya dipenuhi oleh orang-orang yang gemar membaca dan ingin memperluas ilmu pengetahuan. Tidak akan sia-sia jika kalian belajar ditaman belajar karena disitu juga kita bisa saja punya kenalan untuk bisa diajak sharing.

baca juga : kegiatan produktif saat libur

7. Gunakan teknik 20 menit dan 10 menit

Teknik yang dimaksud adalah semisal kita belajar selama 20 menit tanpa memegang ponsel atau istirahat setelah itu kita istirahat selama 10 menit untuk menyegarkan pikiran dahulu dan setelahnya dilanjut untuk belajar lagi. Teknik seperti ini ampuh untuk bisa kita gunakan agar fokus ketika belajar dan tidak terlalu tegang saat belajar.

8. Belajar diwaktu sehabis sholat subuh

Waktu pagi adalah dimana waktu badan kita masih fresh dan belum banyaj aktivitas ketika kita belajar setelah sholat subuh fikiran kita akan fokus ke pembelajaran yang akan kita pelajari disekolah. Waktu subuh juga sangat efektif karena ketika kita belajar di sekolah kita masih mengingat pelajaran yang kita pelajari tadi. Banyak juga orang-orang yang memanfaatkan waktu paginya untuk olahraga dan belajar.

baca juga : hal yang harus dipersiapkan saat presentasi

Belajar memang bisa dimana saja, ada banyak cara yang dilakukan oleh orang-orang untuk menemukan ketenangan dalam belajar bahkan ada juga yang sampai berdiam diri dikamar agar tidak ada gangguan saat belajar. Tidak salah jika kita melakukan salah satu cara diatas agar maksimal dalam mengingat pelajaran. Karena orang pintar adalah orang yang tidak pantang menyerah untuk terus menggali ilmu pengetahuan dimanapun itu dan sama siapapun untuk diajak sharing.