Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Presentasi

Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Presentasi Kelas

Presentasi adalah kegiatan dimana kita menjelaskan apa yang akan kita sampaikan ke audio atau ke masyarakat. Entah itu di dunia pekerjaan ataupun di dunia pendidikan. Saat kita bersekolah tak asing dengan yang namanya presentasi, yang biasanya dilakukan oleh siswa atau mahasiswa dimana mereka mempresntasikan hasil diskusi ataupun penelitian mereka. Dan presentasi biasanya menggunakan media berupa laptop atau lcd untuk mendukung presentasi kita. Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika presentasi. Berikut penjelasannya

1. Cari referensi yang banyak

Untuk membuat presentasi yang menarim juga dibutuhkan sumber yang baik,banyak dan terupdate. Maka dari itu carilah referansi untuk materi presentasi dengan waktu 5 tahun sebelumnya agar artikel yang akan kamu buat mengandung topik pembahasan yang terbaru. Banyak tempat untuk mencari referansi salah satunya di website terpercaya atau kamu bisa cari di web jurnal internasional agar materi yang kamu sampaikan juga membahas topik terbaru.

2. Buat slide materi untuk presentasi

Setiap presentasi pastinya membutuhkan ringkasan materi yang mana itu rangkuman dari keseluruhan materimu. Bisa menggunakan power point dan menggunakan templet yang menarik, bisa dowload ada banyak sekali web yang menyediakan templet gratis di google. Buat dosen atau gurumu terpesona dengan materi yang kamu sajikan dengan tampilan slide yang menarik.

3. Kuasai materi yang akan di presentasikan

Nah sebelum presentasi diwajibkan untuk mempelajari dahulu materi yang akan disampaikan ke teman kalian agar nantinya mereka paham apa yang kamu sampaikan. Jangan sampai kamu tidak mempelajari dulu yang mana itu akhirnya membuat kamu bingung dan berkelit dengan materi yang disampaikan kamu. Maka dari itu buat suasana kelasmu menjadi aktif untuk berdiskusi yang dimulai dengan penyampaian materi yang jelas oleh pembawa materi.

4. Persiapkan presentasi dengan baik

Persiapan presentasi yang baik dimulai dari kamu siap dengan apa yang akan kamu sampaikan ke audio dan persiapan dalam materi juga tempat ataupun peralatan yang akan digunakan oleh si pembawa materi. Jangan sampai kita yang akan presentasi malah dengan santainya tidak mempersiapkannya dengan baik. 

baca juga : cara atasi gelisah 

5. Jangan terlalu fokus membaca

Sudah dipastikan ketika penyampaian materi dengan terlalu fokus ke bacaan saja maka itu akan membuat audio tidak akan mendengarkanmu atau meresponmu karena yang mereka butuhkan sebenarnya adalah penyampaiah yang jelas bukan membaca. Oleh karena itu sebelum melakukan presentasi diwajibkan untuk bisa memahami point point apa saja yang akan disampaikan ke audio.

6. Berusaha untuk berinteraksi dengan audio

Ini point yang penting juga dalam sebuah presentasi yaitu berinteraksi dengan audio. Dimana suasana kelas akan berubah menjadi kelas diskusi yang aktif, bukan hanya kelas yang monoton. Ini lah mengapa point ini sangat penting karena saat presentasi yang baik adalah presentasi yang bisa menghidupkan suasana diskusi. Jadi berusahalah untuk bisa membawa suasana presentasi yah agar audio juga paham apa yang kamu sampaikan.

7. Menjawab pertanyaan yang muncul

Pastinya selesai mempresentasikan akan ada pertanyaan-pertanyaan yang muncul dan kita harus bisa menjawabnya. Justru ketika banyak yang bertanya maka berarti mereka kemungkinan kurang paham atau ingin mengetahui materi kita lebih dalam lagi.

  baca juga : hal yang harus diperhatikan saat kuliah    

  Presentasi yang baik adalah presentasi yang mampu menjelaskan materi yang baik dan bisa dipahami oleh audio. Dengan begitu sebelum melakukan presentasi kita diharuskan memerhatikan hal-hal yang harus dipersiapkan agar ketika mempresentasikan itu tidak kacau. Jangan malu untuk bertanya jika belum paham