Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghubungi Dosen Yang Baik dan Benar

            Dalam perkuliahan pastinya kalian pernah mengalami kendala dan kendala tersebut tidak bisa diprediksi datangnya kapan. Contohnya ketika dikelas ada pembelajaran dan kalian kurang paham dengan penjelasan yang sudah dijelaskan dan ketika sudah sampai dirumah kalian baru menyadarinya kalau penjelasan yang sudah disampaikan ada yang belum kalian paham dan kalian berniat untuk menghubungi dosen tersebut. Contoh lain juga adalah ketika kalian ingin mengabari atau ingin bertanya kepada dosen ketika ada suatu hal yang harus disampaikan. 

            Banyak dari mahasiswa yang tidak berani untuk berkomunikasi dengan dosen selain di kelas. Ada juga mahasiswa yang tidak segan untuk menghubungi langsung dosen yang bersangkutan. Tetapi terkadang mahasiswa menghubungi dosen lewat chat dengan bahasa yang kadang tidak dipahami oleh dosen atau bahkan ketika pesan masuk ke dosen tetapi tidak direspon karena beberapa alasan. Mungkin salah satu alasannya adalah mahasiswa menghubungi dosen dengan gaya bahasa yang tidak seharusnya disampaikan ke dosen. Nah kalian mahasiswa harus tau nih beberapa etika yang harus diterapkan ketika ingin menghubungi dosen kalian. Simak dibawah ini yah

1. Hubungi di Jam Kerja

Menghubungi dosen ketika kalian ada keperluan hendaknya dijam kerja karena ketika kalian menghubungi dosen diluar jam kerja maka itu dianggap mengganggu waktu dosen kalian. Tetapi ada juga dosen yang memperbolehkan mahasiswanya untuk menghubunginya diluar jadwal atau jam kerja. Untuk kalian yang menghubungi dosen diluar jam  kerja harus tetap menggunakan bahasa yang sopan ya agar dosen tetap meresponmu.

2. Pakai Bahasa Yang  Sopan

Nah ini yang menjadi point penting yang harus kalian ingat. Gunakanlah bahasa yang sopan dan mudah dipahami oleh dosen kalian karena seringkali mahasiswa ketika menghubungi dosen mereka hanya menggunakan bahasa seadanya tanpa disaring terlebih dahulu. Jadi gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh dosen kalian yah.

3. Tidak Memaksakan Dosen

Ketika kalian menghubungi dosen pastinya kalian ingin segera dibalas atau direspon oleh dosen kalian. Tapi kalian tau tidak sih kalau jadwal dosen itu tidak hanya untuk mengajar di kampus tetapi mereka juga pastinya banyak aktivitas diluar sana yang memang tidak punya banyak waktu untuk membuka pesan yang kalian kirimkan. Jadi tetap sabar dan jangan terlalu memaksakan dosen untuk cepat merespon kalian. Karena pastinya dosen akan menghubungi kalian disaat yang tepat.

4. Ucapkan Salam

Untuk ini jangan sampai lupa yah, karena awal dari pembukaan adalah menandakan bagaimana kalian terhadap dosen kalian. Memberikan salam kepada dosen menandakan kalian itu menghormati dosen kalian. 

5. Perkenalkan Diri Kamu

Perkenalkan dirimu terlebih dahulu ketika kalian ingin menghubungi dosen kalian karena dosen tidak akan tau siapa yang mengubunginya jika kalian tidak memperkenalkan diri kalian. Setelah salam maka perkenalkan namamu dan dari mana kelasmu karena tidak semua dosen bisa mengenali mahasiswa walaupun ada juga dosen yang selalu mengingat mahasiswanya. Tetapi untuk menghubungi dosen maka lebih baik memperkenalkan diri kamu.

6. Tulis Keperluanmu Dengan Jelas

Ketika kalian punya keperluan dengan dosen kalian dan kalian harus menghubunginya maka jelaskan keperluan kalian dengan jelas padat dan singkat karena ada dosen yang tidak akan membaca pesan mahasiswanya dikarenakan pesan yang dikirimkan terlalu panjang. Maka dari itu ketika kalian menghubungi dosen tulis keperluanmu dengan jelas dan padat yah agar dosen paham dengan apa yang kalian tulis.

7. Akhiri Pesan Dengan Ucapan Terimakasih

Untuk yang terakhir jangan sampai lupa yaitu mengucapkan terimakasih kepada dosen kalian karena itu sebagai pertanda jika kalian menghormati dosen kalian. Ketika kalian tidak mengucapkan terimakasih maka itu akan memberikan kesan yang buruk jadi ucapkan terimakasih sebagai pertanda kalian meminta maaf karena telah menghubungi dosen dan mengganggu waktunya.


        Nah diatas beberapa etika ketika mengubungi dosen, karena setiap dosen memiliki karakter yang berbeda-beda maka kalian sebagai mahasiswa harus tetap menjaga sopan santun entah dimanapun itu berada walaupun itu hanya lewat pesan. Semoga dengan tips tadi bisa memberikan gambaran untuk kalian para mahasiswa yang ingin menghubungi dosen lewat pesan diluar jam pelajaran. Semoga bermanfaat yah