Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Camscanner di Android

 

            

        Camscanner adalah aplikasi yang biasa digunakan untuk menscan dokumen yang dirasa kurang jelas. Aplikasi ini bisa kalian dowload lewat play store dan bisa digunakan juga di android. Aplikasi camscanner bisa digunakan dimana saja karena aplikasi ini berada di hp kalian. Banyak manfaat yang ddapat ketika menggunakan aplikasi ini yakni tidak terlalu membuang waktu untuk sekedar ke warnet hanya untuk scan dokumen. Ini juga menghemat waktu karena hanya membutuhkan beberapa menit saja agar dokumen itu berhasil untuk discan. Ketika sudah di scan dokumen juga bisa di simpan maupun diprint langsung, oleh karena itu banyak orang yang terbantu dengan adanya aplikasi ini. Tetapi ada juga orang yang masih awam menggunakan aplikasi ini karena belum tau cara kerjanya. Nah disini akan dijelaskan bagaiman cara untuk menggunakan camscanner di android yang mudah dan gak ribet juga mudah dipahami.

Download aplikasi terlebih dulu

Jika kalian belum mempunyai aplikasi ini segera untuk mendownload dan memasang aplikasi ini lewat playstore, karena jika kalian belum punya aplikasi ini maka kalian tidak bisa scan dokumen. Caranya adalah kalian pergi ke playstore dan ketik camscanner dan setelah itu di instal ke hp android kalian.

Siapkan dokumen yang akan di scan

Ketika kalian akan menggunakan aplikasi ini sebaiknya siapkan terlebih dahulu dokumennya agar tidak terlalu terburu-buru. Kalian bisa scan langsung ketika sudah membuka aplikasinya atau bisa juga kalian foto terlebih dahulu lewat camera hp kalian. 

Buka aplikasinya

Tampilan awal ketika di aplikasi camscanner yakni seperti ini

Klik tanda camera dipojok kanan bawah. Kalian pilih import yakni ketika kalian sudah punya foto dokumennya. Tetapi jika kalian belum punya fotonya maka bisa langsung diambil fotonya ketika membuka camscanner. Pilih gambarnya dan kalian atur posisi untuk dokumennya ketika di scan. Karena aplikasi ini sudah secara otomatis memposisikan dokumennya maka kalian hanya mengatur seberap besar gambar yang akan discan. Setelah itu pilih rasio cahaya yang akan kalian gunakan sesuai keinginan. Tetapi biasanya rasio agar terlihat jernih adalah pilih rasinya yang cerah bukan yang original atau tidak berefek.

Pilih penyimpanan

Setelah semua dokumen sudah discan maka langkah terakhir adalah menyimpannya. Diaplikasi ini kalian bisa memilih mau menyimpan dalam bentuk pdf, jpg atau yang lain sesuai pilihannya. Jika kalian ingin scan beberapa dokumen dan ingin dokumen tersebut jadi 1 file maka penyimpanan yang kalian pilih bisa menggunakan format pdf karena ini sangat memudahkan. Ketika sudah berbentuk pdf maka dokumen yang sudah di scan mudah untuk dibaca dan tidak terpencar antara dokumen satu dengan yang lain.

Ubah nama file

Sebelum kalian menyimpan kalian bisa mengubah nama filenya sesuai keinginan kalian. Nama file berguna juga agar dokumen yang kalian scan atau share tidak tertukar antara dokumen satu dengan dokumen yang lain.


        Aplikasi camscanner adalah aplikasi scan dokumen yang sangat mudah digunakan karena aplikasinya yang gak ribet dan gampang diikuti langkahnya. Aplikasi ini banyak dipakai juga oleh kalangan anak sekolah maupun orang yang sudah bekerja. Walaupun demikian aplikasi ini juga sangat membantu penggunanya karena sekarang orang tidak perlu lagi pergi ke warnet atau harus punya alat scan jika ingin menscan dokumen.

            Demikian beberapa langkah-langkah ketika menggunakan aplikasi camscaner. Semoga langkah-langkah diatas dapat membantu kalian yang masih bingung menggunakan aplikasi camscanner. semoga bermanfaat