Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Selai Nanas

        Selai nanas adalah jenis makanan olahan dan bisa bertahan lama. Selai nanas adalah selai yang berbahan dasar nanas yang mana itu diolah menjadi selai. Selai nanas bisa digunakan sebagai bahan isian untuk roti maupun yang lain. Selai nanas sangat awet dalam penyimpanan karena ini bisa jangka waktu yang lama tetapi dengan catatan dilakukan dengan proses yang baik dan benar. Pemilihan bahan dalam pembuatan selai juga berpengaruh dalam keberhasilan membuat selai nanas. Beberapa bahan yang harus disiapkan untuk membuat selai nanas:

1. Nanas berkualitas

2. Gula pasir

3. Kayu manis

    

    Pemilihan nanas adalah hal  yang harus diperhatikan karena nanas yang belum matang dan sudah matang sudah pasti rasanya beda. Jika ingin selai dihasilkan menghasilkan rasa yang enak maka pilihlah nanas yang baik dan matang. Dan setelah sudah semua maka siap untuk membuat selai nanas

 Beberapa cara membuat selai nanas

1. Pilih nanas yang matang/kekuningan

Nanas merupakan bahan dasar dalam pembuatan selai, ketika dalam pemilihan nanas itu tidak bagus maka hasil dari pembuatan selai juga tidak bagus. Oleh karena itu pilih nanas yang sudah kekuningan dan agak matang agar selai nanas yang dibuat juga rasanya tidak terlalu asem. 


2. Kupas nanas dan diparut

Setelah membeli nanas maka langkah selanjutnya yakni mengkupasnya. Kupas nanas sampai bersih. Hilangkan bagian yang membuat gatal dan setelah dikupas lalu cuci nanas sampai bersih. Setelah itu nanas diparut tetapi lebih enak jika tidak terlalu halus dalam memarut nanas agar serat nanas tetap ada dan tidak hilang.


3. Panaskan wajan dan masak nanas

Setelah nanas diparut langkah selanjutnya adalah memasak nanas. Masukan nanas kedalam wajan yang sudah panas tanpa menggunakan minyak ataupun air. Karena dalam nanas sendiri sudah terdapat kandungan air yang banyak. 


4. Tambahkan gula pasir dan kayu manis

Sambil nanas diaduk pelan lalu tambahkan kayu manis agar selai nanas menjadi harum. Jangan lupa tambahkan gula pasir secukupnya sampai dirasa selai sudah manis dan wangi. Aduk perlahan sampai selai kalis atau sedikit kental. 


5. Angkat selai dan dinginkan

Setelah selai sudah dirasa mengental dan matang lalu angkat dan diamkan sampai dingin, agar bau dari kayu manisnya dapat terserap dengan baik.


6. Siap disajikan

Selai yang sudah jadi siap digunakan untuk tambahan isi roti bisa juga dibuat isian kue nastar karena kue nastar adalah favorit banyak orang untuk saat ini.


        Kunci keberhasilan dalam membuat selai nastar adalah sabar karena saat proses pembuatan saat mengaduk selai adalah proses yang lama karena menunggu sampai nanas menjadi kental. Dan pilihlah nanas yang berkualitas agar selai yang dihasilkan juga baik dan enak. Selamat mencoba semoga berhasil yaa