Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kuliah Tatap Muka ? Lihat Penjelasan


        Saat ini sudah sekolah-sekolah sudah mulai dibuka kembali walau belum 100% tetapi sudah mulai ada pembelajaran tatap muka. Universitas juga saat ini sudah mulai melakukan tatap muka walau hanya beberapa kelas saja yang dibuka. Sudah kita ketahui bahwa pembelajaran dalam perkuliahan untuk tahun kemarin dilakukan dengan sistem online karena memang keadaan yang masih belum memungkinkan. Semenjak ada info bahwa perkuliahan sudah dilakukan tatap muka kembali pastinya kita mempersiapkan apa yang harus dibawa atau apa yang harus dilakukan ketika perkuliahan, karena kita tidak menginginkan kemungkinan yang buruk. Tetapi jika kita lakukan langkah-langkah yang tepat pastinya penularan virus sedikit tercegah. Dari pihak universitas sendiri pastinya sudah mempersiapkan sistem perkuliahan tatap muka dengan semaksimal mungkin. Oleh karena itu kita sebagai mahasiswa harus mempersiapkan diri juga untuk menghadapi kuliah tatap muka. Apa saja itu, mari simak penjelasannya

1. Membawa alat tulis

Pastinya ketika kalian memasuki kuliah tatap muka kalian harus mempersiapkan alat tulis juga karena ketika perkuliahan offline kalian akan lebih banyak mencatat. Beda dengan kuliah online yang memang terkadang hanya terpacu dengan materi yang dishare lewat grup saja. Dalam perkuliahan tatap muka kalian harus lebih aktif untuk mencatat dan aktif bertanya. Catatlah materi yang kalian dapat agar tidak cepat hilang.

2. Membawa kartu pengenal mahasiswa

Saat masuk awal perkuliahan tatap muka dan mungkin kalian merupakan mahasiswa baru lebih baik kalian membawa kartu pengenal agar kalian bisa lebih paham lingkungan baru kalian dan teman-teman baru kalian.

3. Memakai pakaian yang sopan dan panjang

Ketika kuliah awal lebih baik menggunakan lengan panjang terlebih dulu karena untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan. Dengan pakaian panjang bisa sedikit terlindungi.

4. Membawa hand sanitizer

Sudah bukan rahasia umum lagi, barang ini harus selalu dibawa kemanapun dan kapanpun karena ini sangat penting untuk menjaga diri dari kuman yang ada disekitar.

5. Membawa masker cadangan

Untuk saat ini lebih baik membawa cadangan masker mengingat virus belum benar-benar hilang. Jadi masker sangat penting karena penggunaan masker tidak boleh lebih dari 4 jam dan harus diganti.

6. Membawa perlengkapan pribadi sendiri

Perlengkapan pribadi seperti alat solat atau alat makan sangat penting dikarenakan ketika kita berada di keramaian atau tempat umum tidak salah lagi kita akan bertemu banyak orang. Ketika dikampus pun seperti itu, lebih baik membawa perlengkapan sendiri-sendiri daripada harus menggunakannya secara bersamaan karena itu berbahaya bisa menularkan berbagai macam penyakit untuk keadaan saat ini yang virus belum hilang.

7. Vitamin

Vitamin adalah obat yang kita konsumsi gunanya untuk menjaga metabolisme tubuh agar tidak cepat sakit. Apalagi disaat musim seperti ini banyak sekali orang yang gampang tertular sakit jadi untuk mengantisipasinya adalah dengan meminum vitamin.


        Kuliah tatap muka adalah hal yang sangat ditunggu-tunggu apalagi jika kalian adalah mahasiswa baru yang belum pernah ke kampus. Tapi ketika kuliah tatap muka dimulai kalian harus tetap menjaga diri sendiri dan harus bisa menjaga kesehatan, karena kita tidak tahu apakah setelah sampai di rumah kita tertular atau tidak. Lebih baik mencegah dari pada mengobati bukan ?

Walaupun kuliah ada batasan dalam belajar dengan misal angkatan in harus tetap online, tapi walaupun seperti itu kita tetap harus waspada. 

Semoga penjelasan diatas dapat membantu kalian ya…terimakasih