Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengenali Diri Sendiri

    Kalian pasti pernah merasakan bagaimana sih sebenernya diri kalian sebenernya. Bagaimana sikap dan sifat yang ada pada dirimu, pastinya kalian pernah melakukan  berbagai cara untuk kalian mengenali diri kalian sendiri. Entah itu bercerita ke orang tua, ke teman terdekat, bercerita ke guru kalian atau bisa jadi kalian bertukar cerita dengan ahli psikolog karena memang kalian ingin mengenal diri kalian sendiri.


Sebenernya bagaimana sih cara mengenal diri sendiri ?

Sebenernya apa yang ada pada diri kalian, kalianlah yang mengetahuinya. Kalianlah yang tahu bagaimana caranya membawa diri kalian sendiri. Tapi tak dapat dipungkiri memang terkadang kita juga butuh seseorang untuk membantu kita dalam mengenali diri sendiri.

Setiap waktu dan setiap momen kita selalu memikirkan sebenernya diri kita itu seperti apasih,  bingung, galau, dan entah ga tau arah sampai mikir kalau diri kita itu tidak bisa apa-apa, tidak punya keahlian apa-apa. Seperti kosong aja gitu.. iya kann , kalian pasti pernah mengalaminya.

Saat seperti itu rasanya ingin mengamuk pada diri sendiri, rasanya ingin hilang, rasanya seperti hanya beban saja dalam keluarga karena tidak punya apa-apa yang bisa dibanggakan. Heiiii kalian itu punya kelebihan, semua orang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hanya saja kalian belum menemukannya, kelebihan yang ada pada diri kalian itu hanya kalian sendiri yang tahu, apa hobi atau kebiasaan yang membuat kalian itu senang, semisal kalian suka dunia musik nih, atau suka dunia game atau yang lainnya. Kalian bisa mengasahnya dan menjadikan kelebihan kalian itu sebagai kekuatan kalian agar kalian tidak merasa seperti tidak bisa apa-apa.


Banyak kok cara untuk mengenali diri sendiri, seperti berikut ini :

1. Mencintai diri sendiri

Love yourself adalah gambaran ketika kalian sudah menerima diri kalian sendiri. Cintai diri kalian sendiri, stop selalu melihat keberhasilan orang lain dari pada melihat keberhasilan dirimu sendiri. Mencintai diri sendiri adalah dengan menerima apa yang ada didalam dirimu, kendalikan dirimu dan pahami dirimu sendiri.

Mencintai diri sendiri tidak selalu harus berhasil. Hei kalian itu sedang berusaha untuk menerima dan mencintai dirimu sekarang, menjadi lebih baik dan usaha pasti selalu ada yang gagal tapi itu tidak masalah, karena keberhasilan seseorang itu dilihat dari proses yang ia lalui dan tidak menyerah saat ia jatuh. Jadi belajarlah untuk mencintai diri sendiri dan tidak selalu membandingkan diri dengan orang lain. Semangat untuk kalian yang sedang berusaha untuk lebih mencintai diri kalian. Kalian pasti bisa

2. Tidak selalu melihat kelebihan orang lain

Nah ini yang harus kalian pegang, janganlah kalian suka melihat kelebihan atau keberhasilan orang lain tanpa kalian tau sebenernya mereka juga melalui proses yang panjang sampai mereka bisa sukses. Boleh sih kalian lihat mereka berhasil dan menjadikan mereka sebagai motivasi kalian untuk terus maju, tapi jika kalian terus melihat keberhasilannya tanpa diiringi dengan usaha kalian itu sama saja bohong dong. Ayo bangkit dan tunjukan bahwa kalian juga bisa seperti mereka, jangan lemah dan jangan merasa kalau kalian tidak punya kekuatan apa-apa.

Disatu sisi mungkin itu baik tapi disisi lain jika kalian tidak dibarengi dengan usaha maka kalian hanya suka membandingkan diri kalian sendiri saja. Ayo bergerak

3. Memahami kekurangan dan kelebihan diri

Setiap manusia pastinya punya kelebihan dan kekurangan, pasti ada. Tapi mereka yang selalu berusaha untuk menjadi baik maka mereka tutup kekurangan mereka dengan kelebihan mereka. Dengan apa ? dengan cara mencintai diri sendiri dan terus belajar bagaimana diri mereka bisa membawa perubahan yang besar. Misal yang dulunya pemalas sekarang jadi lebih rajin. Hal-hal kecil baik yang selalu dilakukan berulang maka itu akan berdampak pada diri sendiri .

Dan jika kalian punya banyak kelebihan maka jangan sekali-kali melihat orang lain itu banyak kekurangan. Maka fokuslah pada diri sendiri dan kembangkan kelebihan kalian.

4. Terus belajar

Terus belajar untuk memperbaiki diri dan fokuslah pada dirimu sendiri. Jangan sampai kekuranganmu membatasi gerak dirimu.  Belajar untuk selalu menjadi lebih baik dari kemarin. Karena kalian punya masa depan yang masih panjang. Jangan selalu fokus pada keberhasilan orang lain.


    Nah diatas meruapakan beberapa cara agar kalian bisa mengenali diri kalian, apakah kalian tipe orang yang suka mengeluh atau suka menyerah atau bisa jadi orang yang tidak bisa mencitai diri kalian sendiri.

      Lihatlah dunia, bukan kalian saja yang merasa seperti tidak mengenali diri sendiri. Tapi mereka bisa bangkit dan bisa menerima dirinya sendiri. Yok semangat teman, kalian itu bisa, kalian itu punya masa depan yang cerah, kalian itu hebat karena kalian bisa mengendalikan diri kalian sendiri. Salam