Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENGARUH POSITIF DAN NEGATIF BELAJAR DARING BAGI PERKEMBANGAN ANAK



Pandemi yang berlangsung di Indonesia ini tidak kunjung usai Dan juga dapat memberikan dampak yang begitu signifikan bagi kehidupan yang dilakukan sehari-hari. Kini demi dapat menurunkan angka penurunan pengeluaran maka masyarakat dihimbau untuk selalu belajar ataupun bekerja dan beraktivitas di rumah saja. Selain untuk orang dewasa anak-anak juga pasti terkena imbasnya yaitu mereka hanya belajar dari rumah atau secara daring. 


Pengaruh dari pembelajaran online di rumah ya tentu juga sangat berbeda-beda karena bagi anak teknologi ini hanya sebatas permainan. Penggunaan ponsel atau perangkat teknologi elektronik seperti komputer dan juga laptop ini masih belum terlalu akrab bagi mereka. Terlebih lagi untuk anak di tingkat sekolah dasar meskipun pada generasi masa kini dilansir telah lebih melek teknologi. Ini merupakan kepastian bagi orangtua untuk selalu menjadi pendamping yang dapat membantu mereka untuk melakukan pekerjaan rumah dan juga meluangkan waktu yang lebih banyak untuk mendampingi pembelajaran secara daring yang dilakukan oleh anak. 


DAMPAK BELAJAR DARING TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK


Ketika anak belajar secara daring atau dari rumah tentu saja dapat dampak yang terjadi dari sistem belajar jarak jauh atau daring di rumah dengan perkembangan kognitif mereka. Hal ini dikarenakan anak yang biasanya tidak diperkenankan bersinggungan dengan perangkat elektronik secara intens kini harus berteman dengan mereka setiap hari dan di dalam durasi waktu yang tertentu. Dan sudah pasti terdapat dampak positif ataupun negatif dari sistem belajar yang satu ini. Beberapa orang tua mungkin telah lebih senang dengan sistem yang satu ini akan tetapi mungkin sisanya akan mempunyai minim access Internet.


DAMPAK POSITIF BELAJAR DARI DI RUMAH


1. Waktu belajar yang menjadi lebih pendek

Dikarenakan teknologi ini akan memudahkan anak dapat mengakses materi Dari mana saja dan kapan saja maka anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk menembus kemacetan karena kan mereka berangkat ke sekolah sehingga belajar ini menjadi lebih efektif.


2. Pengembangan diri menjadi lebih mudah

Karena anak ini telah bisa melakukan aktifitas lainnya seperti menggambar atau mewarnai dan membaca. 


DAMPAK NEGATIF BELAJAR DARI RUMAH


1. Menjadi lebih sering berinteraksi dengan ponsel

Ketika anda menghabiskan waktu hanya di rumah maka tentu saja mereka akan lebih sering bermain dengan perangkat elektronik yang bisa memakan waktu yang lama setiap harinya dan bisa jadi anak mungkin akan mengalami kecanduan terhadap ponsel nantinya.


2. Tugas sekolah yang menumpuk

Dikarenakan kurangnya waktu bertatapan muka seperti di sekolah maka guru makan lebih mengobati siswanya dengan memberikan tugas ataupun latihan guna dapat mengisi waktu mereka selama di rumah


3. Kurangnya intensitas atau interaksi langsung dengan orang lain

Hal yang satu ini guru dan teman-teman sebaya yang ada di sekolah ini juga akan membuat anak kurang bersosialisasi dan dapat berkembang menjadi pribadi yang anti sosial.


4. Anak menjadi mudah stres

Dampak negatif yang terakhir ketika belajar dari rumah bagi anak selanjutnya ialah dapat membuat anak menjadi lebih mudah stres. Perasaan tertekan dan jenuh karena mereka tidak bisa keluar dari rumah ini dapat membuat anak menjadi lebih mudah untuk stres karena beraktivitas di rumah seharian.


Itulah dia beberapa pengaruh belajar daring atau belajar secara online dari rumah yang dapat dialami oleh anak. Diperlukan juga adaptasi dengan cara yang lain yang lebih baik agar anaknya dapat dapat menikmati proses pembelajaran jarak jauh ataupun belajar dari rumah. Jika anak Anda ini mulai menunjukkan tanda stres dan tertekan maka anda jangan ragu untuk membicarakannya secara langsung kepada pisikolog anak. Semoga bermanfaat!!