Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TIPS AGAR SUKSES DI MATA PELAJARAN YANG TIDAK DISUKAI


Sebagai seorang pelajar pasti terdapat waktu yang anda tidak sukai dengan salah satu mata pelajaran. Hari ini juga mempunyai alasan yang cukup beragam. Dimulai dari alasan sulit mengerti dan juga terkesan membosankan. Atau bahkan dikarenakan kurang suka dengan cara mengajar guru nya. Kesulitan-kesulitan ini merupakan hal yang wajar. Dari sekian banyaknya asupan mata pelajaran yang anda terima di sekolah maka terdapat kemungkinan pada beberapa pelajaran yang menjadi kendala untuk anda mengerti. Akan tetapi anda harus mencari solusi untuk mengatasi hal ini. Setinggi apapun perasaan tidak suka Anda terhadap pelajaran tersebut Anda harus tetap Anda lalui agar bisa lulus.


Berikut ini beberapa tips sukses di mata pelajaran yang tidak disukai.


1. Mencoba berbagai macam metode belajar

Tips agar sukses belajar di mata pelajaran yang tidak disukai yang pertama ialah dengan mencoba berbagai macam metode belajar. Anda bisa mencoba berbagai macam variasi metode belajar yang bisa anda temukan. Contohnya hari ini anda menggunakan flash card dan kemudian besoknya Anda bisa menggunakan video belajar dan lalu mencoba untuk mencatat. Selain itu Anda juga dapat mengubah lokasi belajar Anda yang mana ini dapat berpengaruh untuk penerimaan pelajaran yang anda pelajari. Hal ini dikarenakan suasana yang baru ini akan memunculkan semangat yang baru pula. Anda bisa mencari lokasi yang kondusif untuk belajar seperti Taman ataupun museum dan perpustakaan. 


2. Mencari celah

Tips agar sukses belajar di pelajaran yang tidak disukai yang selanjutnya ialah dengan mencari celah. Anda bisa mencari pola belajar ataupun mengerjakan soal dengan cara yang lebih mudah Anda pahami. Setelah mendapatkan caranya makan dan kedepannya pasti akan merasa lebih ringan. Cowoknya ketika anda dulu pernah belajar mengendarai motor ataupun mobil, di tahap awal pasti anda akan merasa kesulitan yang mana Anda harus menjaga keseimbangan dan lain-lain. Akan tetapi ketika anda sudah tahu celahnya maka semua ini menjadi hal yang mudah.


3. Limit your session

Disaat anda tidak menyukai pelajaran tersebut Anda disarankan untuk tidak terlalu memaksakan diri Anda agar segera suka pelajaran itu. Semua yang anda lakukan harus dilakukan secara perlahan. Dimulai dari berbagai proses jatuh dan bangun dalam setiap sisi belajar anda perlu melakukan sepanjang 30 menit lalu memberi jeda dan melanjutkan 30 menit lagi dan begitu seterusnya. Jadi anda disarankan untuk tidak memaksakan proses belajar Anda secara langsung. 


4. Menikmati setiap proses

Tips agar sukses di mata pelajaran yang tidak disukai selanjutnya ialah dengan menikmati setiap prosesnya. Anda harus tetap mempelajari dan memahami mata pelajaran yang tidak Anda sukai. Mungkin akan berada di situasi yang tidak nyaman akan tetapi situasi yang seperti ini jugalah akan membawa anda untuk menjadi lebih baik lagi. Jadi anda jangan terlalu untuk fokus kepada hasil akhirnya, bahkan Anda juga tidak perlu untuk stok terlalu lama jika memang belum ada improvement. Hal yang terpenting ialah Anda harus tuntaskan belajar Anda sampai selesai.


Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan agar sukses di dalam mata pelajaran yang tidak Anda sukai. Dengan melakukan cara diatas bukan tidak mungkin Anda bahkan bisa menyukai pelajaran tersebut. Dengan mengetaui daftar di atas ini akan membantu Anda untuk memahami dan menguasai pelajaran yang tidak di sukai. Semoga bermanfaat!!