Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menghadapi Dunia Baru


Bagi sebagian orang menghadapi dunia baru adalah hal yang menantang, dunia baru adalah dunia dimana kita memasuki kehidupan yang berbeda. Entah dunia baru di tempat kerja atau di bangku perkuliahan. Walaupun pada awalnya kita merasa tidak nyaman tetapi lama kelamaan kita pun akan terbiasa, banyak cara yang dilakukan oleh orang baru untuk bisa merasa nyaman dilingkungan barunya

Beberapa cara agar kita bisa menghadapi dunia baru yang lebih baik:

1. Mulai beradaptasi dengan lingkungan

Hal yang biasa dilakukan ketika menghadapi dunia baru adalah mulai beradaptasi dengan lingkungan baru, mulai mengenal karakteristik orang-orang di lingkungan baru. Kita sebagai orang baru maka beradaptasi adalah cara yang baik untuk kita bisa bersosialisasi dengan masyarakat ataupun dengan teman-teman yang ada dilingkungan sekitar. Mulai dengan perkenalkan diri kita ke mereka agar kita pun bisa mengenal mereka.

2. Bersikap ramah tamah

Sikap yang harus kita tunjukkan ketika berada dilingkungan baru yaitu bersikap ramah tamah dengan orang-orang. Ketika kita menunjukkan dikap yang tidak baik maka lingkungan pun akan melihat kita sebagai seseorang orang yang tidak baik juga, maka dari itu kita harus menjaga sikap kita, bersikap ramah lah terhadap orang dan sapalah merelah lebih dulu jangan menunggu disapa. Karena dimanapun kita berada attitude yang paling penting.

3. Jangan malu untuk saling sharing

Buanglah rasa malu kita jika kita ingin mendapat banyak relasi dilingkungan yang baru. Bertanyalah kepada senior ataupun kepada orang yang lebih berpengalaman dilingkungan sekitar untuk menjadi mentor atau hanya sekedar sharing agar kita lebih tau tentang hal yang baru.

4. Kembangkan potensi diri

Setiap orang pasti punya tujuan dalam hidupnya, tidak halnya dengan menambah pengalaman dalam hidupnya. Ketika kita berada di tempat baru kita harus bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya dan kembangkan potensi yang ada di dalam diri kita. Gali kemampuan yang kita punya dan cari peluang di lingkungan baru.

5. Jangan mudah menilai orang

Menilai orang lain tentunya tidak salah namun lebih baik untuk tidak terburu-buru dalam menilai orang apalagi ketika kita memasuki dunia baru, pahami dulu dan kenali orang terlebih dahulu sebelum kita menilainya. Bersikap professional lah dan belajar untuk memahami karakter orang yang terkadang berbeda-beda. Baca juga: hidup sehat dengan beberapa cara

6. Berfikir terbuka

Seperti yang kita tahu bahwa dengan kita banyak relasi diberbagai tempat maka pikiran kita akan sendirinya terbuka, ketika kita bertemu dengan orang-orang baru dan sering bertukar pikiran maka disitu kita akan berfikir terbuka melihat bagaimana luasnya dunia, So, jangan lewatkan kesempatan yang datang kepadamu. 

7. Mencoba hal baru

Mencoba hal baru adalah hal yang menantang dengan berbagai pengalaman dimana kita diajarkan untuk melatih mentak kita untuk siap terjun ke masyarakat. Jangan takut untuk melakukan hal-hal baru yang belum pernah kita lakukan.

8. Kenali lingkungan

Kenali lingkungan yang kita tempati, untuk cepat beradaptasi dilingkungan ada baiknya kita mengenali lingkungan yang kita tempati apakah itu cocok untuk kita atau tidak. Memang awalnya agak susah tetapi lama kelamaan kita akan terbiasa.

9. Tidak menolak pendapat orang lain

Bagi sebagian banyak orang memenangkan pendapatnya adalah suatu keharusan tetapi jangan lakukan ini dilingkungan barumu jika kamu ingin cepat beradaptasi baik dengan mereka. Terimalah pendapatnya dan jangan skali-kali menolaknya karena itu hanya akan membuatmu dicap sebagai orang yang egois.


Diatas adalah beberapa cara agar kamu bisa lebih cepat beradaptasi dilingkungan yang baru. So,jangan takut untuk memulai dan selalu bangun relasi dimanapun itu, jangan lewatkan kesempatan yang datang kepadamu. Dunia baru adalah dimana itu bisa jadi tempat kamu untuk mengasah kemampuanmu.