Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Kuliah

 Jangan Lakukan Ini Saat Kuliah

        Kuliah merupakan impian semua orang. Bisa melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah adalah suatu anugrah dari Tuhan karena telah memberikan kesempatan kita untuk terus belajar dan terus menggali kemampuan yang kita miliki. Banyak dari mereka yang rela melakukan apapun demi bisa berkuliah entah itu ikut beasiswa atau ikut jalur prestasi. Karena itulah jangan sampai ketika kalian masuk kedunia perkuliahan kalian menyia-nyiakan waktu yang sudah diberikan. Jangan sampai juga kalian melakukan pelanggaran yang ada di kampus tersebut. Berikut beberapa hal yang jangan sampai kalian lakukan ketika di kampus


1. Bolos Matkul

Mata kuliah dalam perkuliahan itu sangat penting karena itulah jangan sampai kalian tidak ikut meta kuliah atau bolos mata kuliah. Memang saat kuliah pastinya kita tidak melulu bisa masuk kelas adakalanya kita pasti ada sesuatu yang mengharusnya kita tidak mengikuti mata kuliah. Tapi setidaknya jika kalian tidak bisa masuk kelas, kalian bisa izin kepada dosen kalian agar kalian bisa tukar jam mata kuliah dan tetap bisa bisa mengikuti pelajaran. Jadi jangan sampai bolos mata kuliah yah teman-teman karena ilmu yang ada di dunia perkuliahan itu sangat penting untuk kalian.

2. Terlambat Terus Menerus

Ketika kalian kuliah pasti pernah terlambat masuk kelas entah itu karena bangun kesiangan atau bahkan karena keperluan yang lain. Itu wajar terjadi tapi jangan sampai kalian terus menerus datang terlambat ke kampus yah karena jika kalian seperti itu kalian akan dicap tidak menghargai waktu dan itu sangat tidak bagus. Belajar untuk disiplin walau dari hal terkecil.

3. Tidur di Kelas

Hayoo siapa yang disini suka begadang entah itu menonton drama atau juga karena lembur tugas. Tapi apapun itu tetap memanajemen waktu yah, atur jadwal tidur kalian agar teratur karena jika kalian sudah didunia perkuliahan kalian akan punya banyak tugas yang menguras waktu kalian. Nah biasanya kalau kurang tidur kalian akan sering mengantuk di kelas hingga akhirnya tidur di kelas saat perkuliahan sedang berjalan. Kalau sudah memutuskan untuk berkuliah kalian harus konsisten dan berkonsentrasi saat di kelas. Jangan sampai karena kalian mengantuk karena begadang kalian jadi tidur di kelas dan tidak mengikuti pelajaran. Tetap jaga kesehatan dan jangan begadang yah karena itu tidak baik untuk kesehatan kalian.

4. Menyontek

Menyontek adalah perbuatan yang harus kalian hindari saat kalian sedang ujian karena hal itu akan membuat kalian tidak bisa percaya diri dengan jawaban yang kalian jawab. Belajarlah untuk bisa mengerjakan sendiri tanpa menyontek ataupun bertanya kepada teman yang lainnya. Menyontek terus menerus itu akan merusak diri kalian karena kalian pasti akan melakukan apapun demi nilai yang bagus. Lebih baik mengerjakan sendiri walau nilai kecil daripada nilai besar karena hasil dari menyontek. Itulah pentingnya belajar yakni untuk mengulas lagi pelajaran yang sudah didapatkan di kelas agar ketika ujian tiba kalian sudah siap. Jadi jangan menyontek saat ujian yah, jadilah mahasiswa yang percaya diri dengan apa yang sudah kamu kerjakan dan yakin kalau itu sudah dikerjakan dengan semaksimal mungkin.

5. Memalukan Almamater

Memalukan almamater itu bisa dengan bentuk apapun. Bisa juga dengan kalian memalukan nama kampus diluar kampus ataupun dengan perbuatan kalian yang bisa mencoret nama baik kampus. Jadi selagi kalian masih berkuliah tolong jaga nama baik almamater kalian, jangan sampai kalian melakukan hal ini karena itu dianggap tidak baik untuk nasib kampus kedepan. Bisa jadi nama kampus dicap buruk oleh orang luar, lebih baik berikan prestasi untuk kampus agar bisa mengharumkan nama kampus.

6. Berselisih Dengan Dosen

Berselisih dengan dosen itu juga tidak boleh kalian lakukan saat kalian berkuliah. Berselisih dengan dosen itu akan merusak kepercayaan dosen kepada kalian. Jangan sampai kalian berselisih dengan dosen, kemungkinan ini terjadi karena kalian berselisih pendapat atau bisa kalian menyakiti hati dosen dengan perkataan yang tidak pantas untuk dikeluarkan. Jadi kalau bisa jangan sampai kalian berselisih dengan dosen yah

7. Tidak Fokus Saat di Kelas

Tidak fokus saat perkuliahan itu hanya akan membuang waktu kalian, jadi jangan lakukan ini saat berkuliah. Memang terkadang beban pikiran itu pasti ada, tapi tetap jaga kefokusan kalian saat berkuliah karena ini ilmu yang sangat tidak boleh kalian lewatkan.

        Itulah beberapa hal yang tidak boleh kalian lakukan saat berkuliah karena hal seperti itu hanyak akan membuang waktu kalian saja. Teruslah belajar dan menjadi mahasiswa yang berprestasi bukan mahasiswa yang banyak melakukan hal-hal yang tidak baik. Salam mahasiswa, buatlah orang tuamu bangga atas prestasi yang kalian lakukan buka membuat orangtua nangis karena hal-hal yang tidak baik.