Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kendala Saat Mengerjakan Skripsi


        Mengerjakan skripsi butuh konsentrasi yang lebih agar skripsi yang kita buat itu tertata dengan baik. Oleh sebab itu dibutuh waktu yang lumayan untuk menyelesaikan skripsi. Skripsi bukanlah beban, jadikan skripsi itu pemicu semangat agar cepat lulus. Semakin cepat mengerjakan skripsi maka semakin cepat pula peluang lulus itu. Tak heran banyak kendala saat mengerjakan skripsi dan bisa membuat mahasiswanya pusing. Beberapa kendala yang biasa dijumpai mahasiswa saat mengerjakan skripsi:

1. Tidak paham banget judul yang diambil

Judul skripsi yang diambil mungkin terlalu susah sehingga dia yang mengambil judul itu tidak paham dengan judul yang akan dikerjakannya. Oleh karena itu carilah judul yang kamu paham dan bisa kamu kerjakan. Jangan karena ada judul yang bagus dan kamu tertarik tanpa tau itu harus diapakan maka kamu akan kebingungan sendiri diakhir. Skripsi yang baik adalah skripsi yang selesai bukan skripsi yang bagus tapi tidak bisa menyelesaikannya. Jadi pastikan sebelum kamu mengerjakan skripsi kamu harus riset dulu judul apa yang bakal kamu ambil dan rajinlah untuk baca-baca jurnal agar kamu semakin paham dengan apa yang akan kamu kerjakan. Kamu juga bisa buat judul yang tertaget atau judul yang membahas fenomena jaman sekarang agar penelitian yang kamu lakukan lebih mudah.

2. Susah mencari referensi jurnal

Memang jurnal juga sangat penting dalam pembuatan skripsi karena sebagian besar skipsi kita sumbernya berasal dari jurnal terbaru oleh karena itu pastinya ini merupakan salah satu kendala dalam mengerjakan skripsi saat kita kesulitan untuk menemukan sumber jurnal yang sesuai dengan judul yang kita ambil. Lebih baik teliti dulu topik yang akan kalian ambil agar kalian tidak merasa kesulitan jika mencari jurnal nantinya. Jika kalian merasa kesulitan saat mencari referensi jurnal cobalah untuk bertanya kepada dosen kalian atau kakak tingkat kalian untuk bisa membantu mencari web yang bisa dijadikan untuk referensi skripsi kita. Karena referensi tidak hanya berasal dari jurnal nasioanl saja tapi bisa juga dengan jurnal internasional atau buku yang berasal dari luar negeri yang kalian dapatkan di internet. 

3. Tidak klop dengan dosbing

Dosen pembimbing adalah dosen yang dijadikan sebagai tempat untuk berdiskusi dan tempat untuk bertanya tentang jalannya pengerjaan skripsi. Seringkali dosen yang kalian dapatkan ada kendala atau tidak bisa diajak untuk konsultasi itulah sebabnya mengapa banyak mahasiswa yang lama dalam proses lulusnya mungkin sebabnya karena faktor yang tidak klop dengan dosen pembimbing. Bangunlah sebuah hubungan baik dengan dosenmu agar ketika kamu bimbingan kamu bisa dengan mudah untuk berdiskusi dengan beliau. Jangan sampai kamu membangun hubungan yang tidak baik dengan dosenmu karena itu akan menyebabkan masalah yang baru. Tidak klop dengan dosen juga permasalahan yang sering sekali dialami oleh mahasiswa, terkadang mereka sudah janjian untuk bimbingan tetapi tiba-tiba dosen mengabari kalian jika tidak bisa datang. Ada juga yang dosennya sudah tepat waktu tapi mahasiswanya yang telat datang. Ini hanya akan membuat dosen pembimbing kalian kecewa dan malas dengan mahasiswa yang tidak bisa menepati janjinya. Oleh karena itu bangunlah kemistri dengan dosen pembimbing kalian agar kalian saat bimbingan bisa berdiskusi mengenai skripsi kalian dengan baik. Semangat yaa karena dosen selalu benar wkwkk becanda yaa. Pokoknya semangat saja pejuang toga karena lelahmu akan terbayarkan dihari wisudamu, buatlah orang tuamu bangga denganmu dengan hasil skripsi kalian yang bagus.

4. Tidak paham alur skripsi

Ini biasanya terjadi saat awal-awal membuat skripsi, banyak sekali yang belum paham bagaimana sih membuat skripsi,bagaimana sih caranya penelitian. Nah ini memang wajar karena kalian semua belum pernah membuat skripsi. Tetapi setidaknya kalian harus bertanya kepada kakak tingkat kalian bagaimana sih alur prosesnya saat mengerjakan skrispi. Jangan malu untuk bertanya yah karena itu justru akan menambah pengetahuan kalian tentang skripsi. Pada awalnya memang sedikit bingung dengan alurnya tetapi lama kelamaan kalian juga akan paham sendiri dengan laur proses pembuatan skripsinya , tapi yang pasti bertanyalah jika kalian belum paham agar ketika kalian membuat skripsi itu punya gambaran untuk menyelesaikannya.

5. Malas

Hayooo siapa yang disini masih malas saat mengerjakan skripsi.. ??? ini wajar sih ada saatnya rasa malas itu muncul tapiii jangan kelamaan yah. Ingat teman temanmu selangkah lebih maju jika kalian merasa malas terus dalam mengerjakan skripsi. Ini salah satu kendala saat mengerjakan skripsi yakni rasa malas yang menghantui. Tapi jangan sampai rasa malasmu melebihi rasa semangatmu yah. Yok semangat bangun dan kejar toga mu.

6. Tidak ada waktu

Tidak ada waktu mungkin ini bisa jadi karena kalian kuliah sambil kerja atau kuliah dibarengi dengan bantu-bantu orang tua dirumah. Gak ada salahnya sih justru itu baik untuk kalian karena kalian bisa membiayai kuliahmu sendiri. Tapi jangan sampai kegiatanmu mengganggu kamu saat mengerjakan skripsi yah. Lulus tepat waktu adalah impian semua mahasiswa tetapi jika kamu juga punya kewajiban yang lain yang mana itu tidak bisa dibarengi dengan skripsimu maka apa yang bisa kamu lakukan agar skripsimu tetap jalan tepi kewajibanmu juga tetap jalan. Ya jalan satu-satunya yakni belajar untuk bisa memanajemen waktu agar kamu bisa mengolah waktu dengan baik. Mana waktu yang digunakan untuk kerja dan mana waktu yang digunakan untuk mengerjakan skripsi. Yok semangat pejuang rupiah dan pejuang toga. Kalian hebat, karena kalian orang terpilih yang bisa menyelesaikan keduanya.

        Kendala saat mengerjakan skripsi itu sudah pasti ditemui, tak heran banyak mahasiswa yang bingung jika mereka menghadapi kendala tersebut  secara tiba-tiba. Tapi pastinya semua kendala pasti ada solusinya. Yang dapat menyemangati hanya dirimu sendiri. Semangat kawan yok bisa !!!