Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pilih Kuliah atau Kerja Dulu Yah

Lanjut kuliah atau kerja dulu ?

    Kuliah atau kerja itu pilihan. Setelah lulus dari sekolah menengah atas kalian akan dihadapkan dengan pilihan yakni melanjutkan kuliah atau kerja. Ada yang memilih melanjutkan kuliah karena memang dia ingin meneruskan cita-citanya dan tidak berhenti hanya sampai sekolah menengah atas. Ada juga yang harus memilih jalan untuk kerja karena dia harus menghidupu hidupnya untuk keluarganya. Banyak cerita diuar sana bagaimana orang-orang bekerja keras untuk bisa meraih cita-citanya. Seperti contoh ada anak yang ingin sekali menjadi dokter tetapi terkendala biaya jadi bagaimana pun dia cari cara agar bisa berkuliah yakni dengan cara mencari beasiswa yang bisa ia ikuti dan terkadang dia bisa kerja sambil kuliah untuk menambah uang sakunya. Dibenaknya hanya keinginan untuk lulus dengan membawa gelar yang ia inginkan, semangat yang tanpa henti dan doa yang terus dipanjatkan akhirnya membawa dia lulus dengan perdikat cumlaude dan meraih gelar sarjananya. Ada juga yang tidak melanjutkan kuliahnya karena dia harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarganya, tetapi dia juga tidak patah semangatnya hingga dia mencari cara lain agar dia bisa mencari uang tambahan dan akhirnya dia sukses menjadi pengusaha. 

    Banyak cerita tentang seseorang yang lebih memilih melanjutkan mimpinya dengan berkuliah atau tidak bisa melanjutkan mimpinya karena harus bekerja. Itu adalah pilihan yang memang semua orang punya pilihannya masing-masing. Orang sukses tidak terlahir hanya dari orang yang berkuliah saja atau dia yang bekerja terus menerus tanpa henti tetapi orang yang sukses adalah orang yang tidak pernah menyerah dengan apa yang ia inginkan. Apapun halangan yang ada dia hadapi dengan penuh semangat yang diiringi dengan doa dan usaha karena mental orang sukses terlahir dari orang-orang yang pernah merasakan hidup dari bawah dan tidak menyerah untuk terus mengejar apa yang dia inginkan. Oleh karena itu usaha dan doa itu perlu karena usaha tanpa doa itu sama saja bohong.

    Kuliah adalah mereka yang mencari ilmunya di bangku perkuliahan entah itu dia memilih jurusan yang paling banyak teorinya atau jurusan yang paling banyak prakteknya. Yang terpenting adalah terus belajar dan terus asah kemampuanmu agar terus berkembang dan bisa mencapai apa yang kalian inginkan. Bekerja adalah mereka yang lebih memilih untuk menunda melanjutkan pendidikannya karena memang jalan yang dia pilih adalah bekerja. 

    Kuliah ataupun bekerja itu sama saja karena yang akan membawamu menuju kesuksesanmu adalah semangat dari dirimu sendiri.  Jangan pernah dengarkan omongan orang-orang yang mengataimu dengan perkataan jika kamu tidak kuliah kamu tidak akan sukses atau jika kamu kuliah kamu tidak akan cepat dapat uang banyak. Omongan-omongan seperti itu hanya akan membuat kamu down dan tidak bersemangat lagi, padahal kesuksesan seseorang dilihat dari bagaimana kegigihan dia dalam meraih mimpinya hingga ia bisa sukses. 

Jadi bagaimana ? kamuu lebih milih berkuliah atau bekerja dulu ?

    Itu hanya pilihan ya untuk kamu, jangan bandingkan hidupmu dengan hidup orang lain karena pilihan itu ada ditanganmu bukan ditangan orang lain, dan tetap semangat raih mimpimu kejar apa yang kamu inginkan. Jadilah yang terbaik versimu tunjukan kesemua orang kalau kamu bisa. Belajar bisa dari mana saja karena ilmu itu luas tidak terbatas, belajar dengan siapa aja karena dengan begitu kita akan menambah pengetahuan baru. Untuk kamu yang sedang berjuang meraih mimpimu yang semangat yah, kalian pasti bisa