Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips agar skripsi cepat selesai

Cara Skripsi Cepat Selesai


Skripsi atau tugas akhir adalah kegiatan sebuah penelitian akhir mahasiswa yang wajib dikerjakan dan diselesaikan sebagai syarat untuk lulus dari perguruan tinggi dan mendapatkan gelar sarjana. Skripsi biasanya berupa penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa akhir sesuai bidangnya dan diujikan kepada dosen untuk menguji mahasiswa apakah dia layak untuk lulus atau tidak. Tapi biasanya mahasiswa yang sidang sudah pasti diluluskan tetapi dengan revisi dari dosen penguji tertentu. Jadi jangan takut yah kalau sidang skripsi itu sangat menakutkan, itu hanya untuk memotivasi kalian agar ketika kalian mengerjakan skripsi itu tidak asal-asalan tetapi mengerjakan skripsi dengan baik dan diharapkan bisa lulus tepat waktu. Pastinya diantara kalian mengingingkan nilai skripsi yang baik kan, nah itu dillakukan dengan usaha yang maksimal dengan bersungguh-sungguh dan ketika sidang dia mempersiapkan dengan baik. Sangat mungkin ketika kita mengerjakan skripsi dengan hati yang ikhlas dan tanpa berkeluh kesah terus maka kalian akan enjoy dengan sendirinya dalam mengerjakan skripsi. Tidak salah jika kalian kadang dibuat pusing dan bingung dengan dosen pembimbing yang kadang sangat membingungkan ketika revisi skripsi, apalagi jika kita sudah sampai ketitik dimana kita sudah ingin menyerah mengerjakan skripsi dan banyak godaan juga untuk membeli skripsi saja daripada membuatnya sendiri. Tetapi apapun yang terjadi karya orisinil kalian lah yang terbaik, kerjakan dengan senang hati dan tanamkan dalm diri kalian bahwa masa skripsi hanya sebentar saja. Banyak faktor atau cara agar skrispi cepat selesai berikut penjelasannya

1. Sudah memikirkan judul yang tepat

Judul yang dipakai saat mengerjakan skripsi juga berpengaruh untuk selesai tidaknya skripsi kalian. Jika kalian mengerjakan skripsi dengan judul yang kalian bisa maka dijamin kalian tidak akan keteteran diakhir ketika ada revisi dari dosen, justru kalian bisa mempertahankan judul yang kalian mabil ke dosen pembimbing, tapi dengan syarat kalian juga harus paham dengan judul yang kalian ambil jangan sampai karena ikut-ikutan temen kalian jadi tidak bisa mengerjakan skripsi kalian karena kalian saja tidak paham dengan isi dari skripsi kalian. Jadi pastikan ambil sesuai yang kalian bisa mengerjakan ya, karena skripsi yang baik adalah skripsi yang selesai, bukan skripsi yang judulnya bagus tetapi kalian tidak bisa menjelaskannya didepan penguji apalagi skripsinya tidak selesai. No, jangan sampai ini terjadi ke kamu ya sobat

2. Buat target untuk skripsi 

Ya memang target itu sangat penting didalam hidup karena target adalah sebuah dorongan untuk diri sendiri agar lebih tertb lagi dalam memanfaatkan waktu. Buat target berapa lama kalian akan mengerjakan skripsi dan kapan kalian akan lulus dari universitas kalian. Jangan sampai kalian menjadi mahasiswa badi ya, yang belum tahu kapan lulus atau hanya mengikuti alur saja tanpa merancang sebuah target. Misalkan saja kalian buat target untuk mengerjakan skripsi harus 10 lembar per hari atau bisa juga menggunakan patokan jam. Pilih waktu mengerjakan yang sesuai agar kalian saat mengerjakan skripsi bisa tenang dan fresh. Tapi harus ditarget juga untuk bertemu dengan dosen pembimbing ya. Karena ini juga penting agar kalian semakin sering konsultasi maka kalian juga kan lebih cepat untuk lulusnya. Tentukan skala prioritasmu agar semua tertata dengan baik.

3. Rajin ke perpus

Perpus adalah tempat yang mana mereka menyediakan banyak sekali referensi yang bisa kalian jadikan untuk bahan skripsian kalian. Jangan sampaiu skripsi kalian sedikit karena kurangnya bahan reverensi yang dijadikan acuan. Bisa juga kalian ke perpus bareng sobat kalian yang sebimbingan agar kalian juga bisa berdiskusi apa yang seharusnya dikerjakan agar skrispi cepat selesai. Jika di perpus buku yang kalian cari tidak ada maka kalian bisa menggunakan google scholar untuk mencari jurnal yang kalian butuhkan.

4. Jangan sungkan untuk bertanya

Bertanya disini yang dimaksud adalah berkonsultasi dengan dosen pembimbing kalian yah. Karena mahasiswa yang disukai dosen pembimbing adalah mahasiswa yang sering bimbingan mengenai skripsinya. Tanyakan apa saja yang kalian bingungkan agar dosen pembimbing kalian bisa memberikan saran atau revisi untuk skripsi kalian. Jangan bosen ketika dosen pembimbing sering merevisi skripsi kalian yah itu tandanya beliau ingin skripsi kalian menjadi lebih bagus.

Nah itu sedikit cara agar skripsi kalian cepat selesai. Yang terpenting adalh konsisten dan selalu berdoa agar skripsi kalian cepat selesai. Disamping skripsi yang selesainya cepat juga harus menjadi skripsi yang terbaik. Gunakan waktu kalian sebaik mungkin. Kerjakan skripsimu dengan cara terbaik dan selesaikan apapun sudah kalian mulai. Dan sambutlah hari wisudamu dengan orang-orang tercinta. Semangat terus ya sobat, jangan pernah takut untuk memulai karena sesuatu yang besar dimulai dari hal yang kecil.