Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rekomendasi Hidangan Saat Lebaran

Makanan khas hari raya Idul Fitri

         Lebaran adalah moment yang sangat spesial dan sangat ditunggu-tunggu oleh semua umat Muslim di dunia. Indonesia juga termasuk negara yang masyarakatnya merayakan hari raya idul fitri. Saat lebaran itu adalah moment untuk saling memaafkan dan bersilaturahim ke sesama kerabat dekat ataupun jauh, pastinya jika kalian kedatangan tamu atau kerabat yang jauhh kalian akan mempersiapkan segalanya agar tamu yang datang merasa dihormati. Nah pastinya banyak hal yang dipersiapkan entah itu kebersihan rumah atau hidangan saat hari raya idul fitri. Banyak dari mereka mencari rekomendasi makanan yang akan disajikan saat lebaran. Berikut beberapa rekomendasi makanan yang harus disajikan saat lebaran.

1. Ketupat

Pastinya tidak asing dengan yang namanya ketupat. Ketupat adalah makanan yang paling sering disajikan saat lebaran dan biasanya ketika tidak ada ketupat maka bisa diganti dengan lontong. Orang perkotaan mereka lebih sering menyajikan ketupat dari pada lontong karena praktis, tetapi orang pedesaan justru mereka lebih senang menyajikan lontong dan membuatnya sendiri agar lebih ada kesan yang mendalam untuk menyambut hari raya idul fitri. Ketupat adalah hidangan pengganti nasi yang mana itu juga berasal dari beras hanya saja itu dibentuk persegi empat. Rasa dari ketupat atau lontong sendiri rasanya sama-sama enak, tetapi hanya beda diselera saja ada yang lebih suka ketupat ada juga yang lebih suka lontong.

2. Opor ayam

Opor ayam adalah menu yang paling banyak dibuat saat hari raya idul fitri. Opor ayam adalah makanan dari olahan ayam yang dimasak menjadi opor dan penyajiannya bisa dimakan bareng ketupat. Jadi jangan lupa buat menghidangkan opor ayam ya sobat.

Baca Juga : hal penting saat bertamu

3. Kentang ati

Nah menu ini juga harus ada di setiap moment lebaran hari raya idul fitri. Olahan lauk kentang wortel yang dimasak juga bareng ati paling enak disantap dersama lontong dan ini memang paling sering juga disajikan oleh ibu-ibu di rumah. Pastinya kalian sering makan kan kalau kalian sedang bersilaturahim ke kerabat kalian. 

4. Sayur nangka

Siapa disini yang belum tau apa itu sayur nangka.. sayur nangka yang dimaksud adalah sayur yang dimasak seperti opor dengan bumbu kuning khas yang sangat lezat dan ditambahi dengan santan. Sayur nangka paling enak dimakan bersama ketupat dan kentang ati. Perpaduan yang sangat fantastik saat hari raya idul fitri.

5. Kue Nastar

Kue nastar atau kue kering yang dibuat untuk melengkapi sajian hidangan saat lebaran merupakan kue yang didalamnya diisi dengan selai nanas atau selai stroberi untuk memberikan rasa manis pada kue. Kue nastar yang dibuat banyak beraneka macam, ada yang atasnya dikasih keju , coklat atau kismis sesuai selera. Semakin banyak kue nastar dijual di warung maka pertanda bahwa lebaran sudah mendekat. Ini terjadi karena kue nastar adalah primadona saat lebaran tiba. Dan pasti ada yang kurang jika salah satu jajanan kue yang ada di meja kalian itu tidak ada nastar. Maka dari itu banyak ibu-ibu yang saat mendekati lebaran banyak yang lebih membuatnya sendiri dari pada menjual agar rasa pada kue nastar sesuai dengan keinginannya.


6. Kue putri salju

Kue putri salju sama seperti kue nastar yaitu kue kering yang paling banyak dicari saat lebaran, karena kue putri salju sendiri itu kue yang renyah dan gurih untuk disajikan dimeja ruang tamu dan siap menyambut tamu-tamu yang datang. Jadi jangan sampai ketinggaln yah untuk menyajikan kue putri saljunya. 

        Saat lebaran pastinya kalian tidak ingin mengecewakan para tamu atau kerabat yang datang kerumah kalian, maka dari itu sajikanlah makanan atau hidangan yang istimewa dihari yang istimewa juga. Sajikan semua hidangan khas lebaran. Semoga dihari lebaran yang fitri ini semua bisa kembali ke hati yang fitri lagi. Jangan lupa dicoba yah rekomendasi hidangan saat lebaran