Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harus Punya Aplikasi Ini Untuk Kuliahmu

 Aplikasi yang harus kamu miliki untuk kuliah

        Saat kuliah kalian pastinya akan selalu dihadapkan dengan banyak tugas entah itu tugas pribadi atau tugas kelompok dan itu bisa jadi dengan tertulis atau dengan sebuah aplikasi. Banyak dari mahasiswa yang belum punya aplikasi yang tentunya itu sangat membantu mereka dalam menunjang pembelajaran mereka ketika kuliah. Bahkan terkadang mereka tidak tau fungsi kegunaan aplikasi tersebut. Berikut daftar aplikasi yang harus kamu tau dan punya ya sobat

1. Clasroom

Aplikasi ini berguna banget untuk dosen maupun mahasiswa karena dengan aplikasi ini dosen bisa mengirim tugas kepada mahasiswanya melalui aplikasi ini ketika dosen berhalangan hadir dimana aplikasi ini bisa ada semacam pembatasan waktu pengumpulan tugas dan apabila mahasiswa ada yang terlat dalam mengumpulkan tugas. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk diskusi online selain lewat wa karena ketika diskusi lewat wa maka pastinya tidak akan fokus.

2. Google Meet

Aplikasi ini digunakan saat ada diskusi menggunakan virtual wajah yang mana aplikasi ini memuat banyak anggota karena ini merupakan aplikasi yang sering digunakan juga ketika sekolah-sekolah mewajibkan untuk belajar dirumah. Jadi tidak ada alasan untuk mahasiswa tidak mengikuti mata kuliah. Aplikasi ini juga sering digunakan untuk acara seminar karena kapasitasnya yang lumayan menampung banyak.

3. Zoom

Zoom adalah aplikasi semacam video yang mana ini terkadang digunakan juga untuk acara wisuda online atau seminar online, sebenarnya fungsi dari zoom dan google meet itu sama hanya saja tergantung aplikasi mana yang akan digunakan saat acara karena terkadang juga zoom ada yang terkendala sinyal dan menjadi tidak lancar. Namun tak apa karena aplikasi ini juga bagus kok untuk pembelajaran online karena sekarang banyak aktivis juga memakai zoom untuk keperluan kegiatannya.

4. Camscanner

Camscanner adalah aplikasi untuk menyecan dokumen atau file yang akan dicopy, ini sangat berguna sekali karena kalian tidak bersusah-susah lagi pergi ke fotocopyan hanya untuk menyecan data atau file. Cara pakainya gampang kalian tinggal foto saja dokumen yang akan kalian scan lalu diatur jenis dokumennya dan sudah selesai tinggal edit rename dokumennya.

5. Edmodo

Edomodo ini sama kerjanya dengan classroom hanya saja sesuaikan dengan keinginan masing-masing. Edmodo juga aplikasi yang berpengaruh untuk media pembelajaran apalagi pembelajaran dengan sistem online.

6. Mendeley

Mendeley adalah aplikasi untuk membuat daftar pustaka otomatis, dengan ini kalian tidak lagi kesusahan jika ingin membuat daftar pustaka otomatis. Kalian tinggal taruh file jurnal kedalam mendeley maka otomatis ketika kalian sedang membuat makalah itu kalian atur dan otomatis akan muncul sendiri daftar pustaka otomatisnya. Ini juga sangat penting untuk yang sedang skripsian karena skrispsi yang tebal pastinya kalian malas untuk membuat daftar pustaka otomatisnya nah dengan adanya aplikasi mendeley ini kalian akan sangat terbantu. Jadi manfaatkanlah aplikasi yang berguna untuk kegiatan perkuliahan kalian.

7. Powerpoint

Powerpoint adalah software untuk membantu kalian membuat slide tiap makalah kalian untuk presentasi. Powerpoint ini sangat bagus digunakan untuk menjelaskan materi yang akan kalian sampaikan karena powerpoint berupa lembaran-lembaran point-point materi yang mencangkup semua meteri kalian, hanya saja ini untuk lebih ringkas lagi.


        Dari penjelasan diatas, sudahkah kalian mempunyai salah satunya ? Aplikasi diatas sangat membantu kalian ketikaberkuliah atau sekolah. Tetapi tidak semua sekolah atau kampus mewajibkannya hanya saja ketika kalian mempunyainya maka tugas-tugas yang diberikan oleh guru maupun dosen kalian akan merasa ringan jika kalian mempunyai aplikasi diatas. Belajar boleh dimana saja dan kapan saja asal saja jangan pernah lupa untuk belajar karena dengan belajar maka pengetahuan kita juga akan bertambah.