Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Pertanyaan Seputar Perkuliahan

 

        Pastinya banyak banget yang masih bertanya-tanya gimana sih rasanya kuliah, gimana sih rasanya menjadi mahasiswa. Mereka yang baru saja lulus tentunya pernah mengalami fase bingung untuk nentuin jalan mana yang akan dia ambil. Bingung antara melanjutkan kuliah dimana dan ambil jurusan apa. Nah seharusnya sebelum kalian masuk ke dunia perkuliahan kalian harus cari info dulu mengenai universitas dengan akreditasi yang baik karena itu merupakan salah satu faktor untuk kedepannya. Untuk mahasiswa baru pasti tau bagaimana rasanya perbedaan antara dunia kuliah dan saat SMA dulu. Beberapa masih bertanya-tanya mengenai perkuliahan. Nah berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan saat hendak memasuki dunia perkuliahan.:

1. Kuliah itu wajib punya laptop gak sih

Saat kuliah memang kita membutuhkan laptop untuk mengerjakan tugas ataupun makalah-makalah. Apalagi saat baru semester awal itu adalah saat lagi banyak-banyaknya tugas dari dosen yang isinya makalah dan presentasi. Namun bukan berarti punya laptop itu wajib yah, hanya saja ketika kamu punya laptop maka saat ada tugas yang harus dikerjakan lewat laptop kalian tidak khawatir lagi. Bisa juga kalian memanfaatkan komputer yang biasanya sudah disediakan oleh kampus, memang terbatas tetapi pasti ada entah itu 1 atau 2 buah saja komputer yang disediakan untuk umum. Jadi jangan khawatir yah kalau kalian belum punya atau bahkan tidak punya laptop, seiring berjalannya waktu ketika kuliah kalian dibarengi dengan kerja pasti bisa menabung sedikit demi sedkit untuk beli laptop saat nanti lagi skripsian. Karena ketika sudah skripsian pastinya hampir tiap waktu kita mengerjakan dengan menggunakan laptop.

2. Kuliah itu berapa lama

Kuliah itu banyak macamnya tergantung kalian ambil prodi apa dan ambil kelas apa. Ketika kalian ambil sarjana S1 maka lama untuk kuliah 4 tahun jika tidak dibarengi dengan cuti kuliah kalian. Karena ketika dengan terpaksa cuti maka waktu untuk lulus kuliah semakin lama. Dan waktu untuk kuliah D1 itu satu tahun, untuk D2 itu dua tahun dan untuk D3 juga tiga tahun. Jadi kuliah itu hanya selisih 1 tahun dari waktu SMA. 

3. Saat kuliah pulangnya jam berapa

Kuliah dengan SMA itu berbeda waktu untuk setiap matkulnya, kalau saat SMA dulu tentunya kita bisa berangkat dari jam 7 sampai 3 sore, nah untuk kuliah ini berbeda karena saat kuliah kalian bisa dengan bebas memilih waktu untuk jam kuliahnya, karena kuliah itu patokannya mata kuliah , bisa juga kalian dalam 1 hari tidak kuliah sama sekali atau bisa juga ketika kuliah kalian full dari pagi sampai maghrib.

4. Seragam kuliah apa

Tentunya dulu saat SMA diwajibkan memakai seragam, jika dikuliah kalian boleh mengenakan apa saja asal sopan, tergantung kampusnya memperbolehkan memakai kaos atau tidak karena ada beberapa kampus yang melarangnya ada juga kampus yang memperbolehkannya asalah kaosnya berkerah. Jadi saat kuliah kalian tidak memakai seragam yah, bisa saja saat ada kegiatan dalam organisasi kalian ada seragamnya baru itu harus berseragam.

5. Buku harus berbeda-beda atau jadi 1

Buku tulis saat kuliah memang jarang dipakai karena rata-rata mereka sudah menggunakan laptop untuk bahan perkuliahan, namun tetap harus membawa yah karena tidak semua dosen memberikan mata kuliah lewat laptop, pasti ada juga yang diharuskan membawa buku. Jadi untuk buku tulis harus jadi satu atau dicampur itu terserah kalian, karena pasti mahasiswa sekarang ketika disuruh mencatat itu dalam satu buku full dan di campur hanya saja mereka memakai pembatas untuk tiap mata kuliahnya.

6. Ikut organisasi lebih dari 1 boleh gak

Organisasi yang ada dikampus itu banyak banget. Ketika kalian baru masuk ke perkuliahan jangan lupa untuk mengikuti organisasi juga karena itu penting untuk kalian agar relasinya luas. Jadi kalian boleh mengikuti organisasi lebih dari satu karena semakin banyak organisasi yang diikuti maka jalinan pertemanan juga semakin luas.


        Nah itulah beberapa pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan mahasiswa baru karena mereka juga baru saja menamatkan pendidikannya di SMA jadi harus ada penyesuaikan dalam diri untuk menghadapi dunia perkuliahan. Kalian harus optimis dan sukses yah, jangan sia-siakan waktu kalian saat kuliah karena itu kejadian yang tidak akan terulang kembali.